Menteri Pariwisata RI Resmikan Festival Tanjung Lesung 2019

Menteri Pariwisata RI Resmikan Festival Tanjung Lesung 2019

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, resmi membuka Festival Tanjung Lesung pada Jumat (27/9/2019) di Pandeglang, Banten, dengan mengusung tema sport tourism and culture.

Festival Tanjung Lesung 2019 menghadirkan dua acara utama, termasuk Rhino Cross Triathlon.

Kejuaraan ini merupakan kejuaraan triathlon lintas alam yang terdiri dari lomba renang, balap sepeda, dan lari.

Rhino Cross Triathlon juga adalah kejuaraan triathlon lintas alam pertama di Indonesia, yang sebelumnya sudah digelar sebanyak dua kali.

Dari rilis yang diterima BolaSport.com, Arief Yahya mengangkat kembali status Festival Tanjung Lesung sebagai salah satu dari 100 event nasional, serta upaya provinsi Banten untuk bangkit usai tsunami pada 2018 lalu. "Sudah tiga tahun berturut-turut Festival Tanjung Lesung masuk ke kalender 100 Event Nasional," ujar Arief.

"Pemerintah juga menghargai komitmen masyarakat Banten untuk pulih usai bencana pada akhir 2018," tutur Arief menambahkan.

Kejuaraan Rhino Cross Triathlon mempertandingkan dua kategori, yaitu Kategori Rhino dan Bull. Kategori Rhino melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer, dan lari 10 kilometer.

Sementara itu, kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer, dan lari 5 kilometer.

Rhino Cross Triathlon bukan satu-satunya ajang yang menjadi daya pikat Festival Tanjung Lesung 2019.

Masih ada pula Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon, lomba balap sepeda yang terbagi dalam kategori Women Open, Men Open, Men Junior, dan Men Master.

Festival Tanjung Lesung 2019 pun menampilkan Pasar Kolecer sebagai wadah untuk berbagai karya industri kreatif Pandeglang.

Ajang Pasar Kolecer menghadirkan Pasar Kuliner, Pasar Kriya, Pasar Tani, Fish Food Market, Pentas Musik, Pergelaran Seni, Festival Kolecer, dan Festival Peteng (layang-layang khas Banten).[]

Share :