Megahnya Masjid Negeri di Atas Awan, Tertinggi di Provinsi Banten

Megahnya Masjid Negeri di Atas Awan, Tertinggi di Provinsi Banten
Obyek wisata negeri di atas awan Gunung Luhur di Kabupaten Lebak saat ini terus berbenah. Pascaditutup satu bulan lalu, di tempat tersebut kini resmi dibangun masjid yang disebut tertinggi di Provinsi Banten.  Gubernur Banten Wahidin Halim melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid di Gunung Luhur, Kamis (24/10/2019). Masjid tersebut diberi nama Masjid Rahmatan Lil 'Alamin.

"Masjid ini akan melengkapi keindahan fenomena alam luar biasa Citorek yang diakui sebagai tempat yang memiliki hamparan awan terindah di dunia," kata Wahidin Halim saat menyampaikan sambutan pembangunan masjid di Gunung Luhur, Citorek, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (24/10/2019).

Masjid Rahmatan Lil 'Alamin dibangun di atas atas lahan seluas 5000 meter persegi. Dengan luas bangunan mencapai 1500 meter persegi. Masjid dilengkapi sejumlah fasilitas seperti menara, area teras sekaligus tempat pandang hamparan awan, parkir, taman, hingga ruang Vip. Menurut Wahidin, masjid ini dedesain oleh tim arsitek dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Desainnya menerapkan banyak unsur budaya yang ada di Banten, khususnya Kabupaten Lebak. Salah satunya adalah bagian atap yang terdiri dari lingkaran miniatur leuit atau rumah padi. Masjid ini juga didesain ramah difabel dengan menyediakan jalur khusus untuk kursi roda.  Lokasi masjid berada di puncak tertinggi di Gunung Luhur di ketinggian sekitar 910 Mdpl. Tingginya lokasi masjid membuat masjid ini akan menjadi masjid paling tinggi di Provinsi Banten saat ini. 

Saat wisatawan berkunjung ke atas puncak gunung, yang pertama kali terlihat adalah masjid Rahmatan Lil'Alamin. Saat merencanakan pembangunan masjid ini, mantan Wali Kota Tangerang tersebut mengingat masjid negeri di atas awan dibuat seperti masjid Atta'awun yang menjadi ikon di kawasan Puncak, Bogor.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Banten Al Muktabar mengatakan pembangunan masjid Rahmatan Lil'Alamin diperkirakan akan menelan biaya hingga Rp 5 miliar. Dana tersebut akan didapatkan dari sumbangan ASN di lingkungan Pemprov Banten.  Hingga saat ini, kata dia, dana yang sudah terkumpul sebanyak Rp 780 juta.  "Diperkirakan sekitar 9 bulan ke depan pembangunan masjid akan selesai dan bisa difungsikan," kata dia.[]

Share :