Dispar Banten Lakukan Identifikasi Segmen Pasar Pengunjung Wisata

Dispar Banten Lakukan Identifikasi Segmen Pasar Pengunjung Wisata

Untuk mengetahui jumlah kunjungan wisata, tujuan, dan kelemahan objek wisata di Banten yang harus dibenahi, Dinas Pariwisata Provinsi Banten menggelar ekspose draf laporan akhir kegiatan untuk menyusun survey kepuasan masyarakat tehadap objek wisata di Banten.

 

"Secara umum tingkat kepuasan masyarakat dalam kategori BAIK dengan nilai di interval 76.70 atau B," kata Aludin, peneliti Untirta Serang yang melakukan survey pada pengunjung wisata di sejumlah objek wisata di Banten saat menjadi narasumber dalam acara tersebut, Selasa (29/10) di aula Dispar Banten.

 

Aliudin menjelaskan, meski mendapat nilai B, namun responden yang dalam hal ini pengunjung menyoroti soal kebersihan yang menjadi pekerjaan rumah bagi pengelola. Sebut saja kebersihan di kawasan Pantai Anyar dan Kawasan Keraton Kesultanan Banten yang harus dibenahi. 


Provinsi Banten memiliki ikon wisata Seven Wonders meliputi Kawasan Keraton Kesultanan Banten, Taman Nasional Ujung Kulon, Tanjung Lesung, Wisata Budaya Masyarat Adat Baduy, Pantai Anyar-Carita, Pantai Sawarna, dan Sungai Cisadane. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat, dari ketujuh ikon wisata Banten tersebut, semuanya dalam kategori baik, namun beberapa aspek masih menjadi catatan, seperti masalah kebersihan dan emenitas.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati menjelaskan, untuk menarik wisatawan ke Banten, Dispar Banten bersama stakeholder terkait akan mencari pola yang tepat, salah satunya melalui promosi digital.

 

“Kita harus pikirkan bersama pola yang tepat. Misalnya promosi wisata di Bandara akan kita maksimalkan. Ini tentunya jadi tugas bersama,” kata Eneng.


 

Menurut Eneng, pendataan wisatawan yang berkunjung ke Banten sangat perlu dilakukan. Ia menghimbau kepada pengelola objek wisata aga kooperatiif dan mau melaporkan data pengunjung kepada pemerintah Provinsi Banten dalam hal ini OPD terkait.[]

 

Share :