Negeri di Atas Awan Gunung Luhur Banten Kini Sudah Terjangkau Sinyal Internet

Negeri di Atas Awan Gunung Luhur Banten Kini Sudah Terjangkau Sinyal Internet

Obyek wisata negeri di atas awan, Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, kini sudah terjangkau sinyal internet. Sebelumnya, wilayah ini merupakan salah satu blank spot sinyal di Provinsi Banten.

Warga setempat sudah bertahun-tahun tidak bisa menikmati komunikasi menggunakan seluler.  Bahkan, menurut pengelola Gunung Luhur, Sukmadi, tidak adanya sinyal sering dikomplain oleh para pengunjung.

Wisatawan mengeluh lantaran tidak bisa berkomunikasi, baik telepon maupun internet.

"Alhamdulillah sudah ada BTS Telkomsel di sini, sinyal sudah ada sejak kemarin, jadi wisatawan yang berkunjung ke Gunung Luhur bisa menikmati akses internet," kata Sukmadi seperti dilansir Kompas.com di Citorek, Rabu (6/11/2019).

Menurut Sukmadi, kehadiran internet di Citorek, khususnya di obyek wisata negeri di atas awan membuat masyarakat dan pengunjung tidak susah mencari sinyal. Sebelumnya, menurut Sukmadi, warga Citorek harus pergi ke Kecamatan Sobang yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Citorek untuk bisa mendapatkan sinyal.

"Itupun cuma bisa sms dan telepon, sering hilang-hilang juga, kirim sms sekarang sampainya besok," kata dia.

Dia berharap, kehadiran internet di sini juga bisa membuat obyek wisata yang menawarkan hamparan awan tersebut semakin dikenal masyarakat luas. Hal itu dapat diperoleh dengan mudahnya mempromosikan di media sosial.

Vice Presiden Network Operation and Quality Management Telkomsel Jabodetabek dan Jabar, Awal R Chalik mengatakan, hadirnya Telkomsel di Citorek untuk mendukung pembangunan wisata negeri di atas awan. 

"Di sini potensinya besar, membantu pengunjung supaya bisa komunikasi atau sharing lokasi tersebut," kata Awal.

Menurut dia, setelah dua hari uji coba, sinyal Telkomsel di Citorek sudah stabil di jaringan 4G. Namun, masih ada beberapa tempat di sekitarnya yang belum mendapat sinyal. "Ke depannya akan kita tambah, saat ini jangkauan baru 1 kilometer dengan satu BTS, rencana ke depan akan kita perluas," kata dia.[] 

 

Share :