Festival Budaya Nusantara III Kota Tangerang Bertabur Atraksi Seni dan Budaya Menarik

Festival Budaya Nusantara III Kota Tangerang Bertabur Atraksi Seni dan Budaya Menarik
Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kebudayaan Kota Tangerang kembali menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara III. Acara yang akan berlangsung di Pelataran Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada tanggal 5-8 Desember 2019 akan dimeriahkan berbagai atraksi menarik yang siap memanjakan penikmat seni dan budaya Indonesia seperti penampilan tari kolosal, pawai budaya nusantara, festival liong dan barongsai serta atraksi menarik lainnya.

Acara ini juga bertepatan dengan pelaksanaan Rakorkomwil APEKSI III, sehingga tampilan kesenian dari 24 kota Komwil III akan turut meramaikan pembukaan Festival Budaya Nusantara III. Selain pawai budaya, berbagai perlombaan juga digelar pada acara ini, yaknni lomba Fashion Carnaval, Lomba Musik Tradisi, Lomba Lenong Betawi, Lomba Seni Liong Naga, Lomba Seni Barongsai, Lomba Fotografi, dan Lomba Kuliner khas Kota Tangerang (khusus PKK se-Kota Tangerang).

“Dari 6 perlombaan yang dibuka untuk umum, total sudah ada 200 peserta yang telah daftar melalui online maupun offline. Peserta ada yang dari Kota Tangerang, bahkan ada yang dari Cilegon, Pekalongan, Kediri, Tarakan, dan daerah lainnya. Peserta masih akan terus bertambah, karena pendaftaran masih dibuka sampai 1 Desember 2019,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rina Hernaningsih baru-baru ini.

Untuk menghibur pengunjung, panitia penyelenggara menyiapkan 110 stand kuliner, fashion, ataupun kerajinan tangan oleh para pelaku UKM se-Kota Tangerang dan juga para komunitas-komunitas seni yang ada di Kota Tangerang. “Jadi para pengunjung yang hadir di Festival Budaya Nusantara III selain bisa menyaksikan hiburan di panggung, bisa juga sambil menikmati kuliner khas Kota Tangerang”, ujar Rina. 

Dimeriahkan Negara Tetangga

Tak hanya menampilkan kebudayaan Indonesia, beberapa negara akan turut hadir di Festival Budaya Nusantara III yaitu Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. “Mereka akan mengikuti rangkaian acara  dari pembukaan sampai penutupan dan akan menampilkan kesenian-kesenian khas mereka,” ujar Rina.

Festival Budaya Nusantara III bakal dimeriahkan artis ibu kota seperti Rina Nose, Daus Mini, Azis Gagap, Komeng, Jarwo Kuat, Narji, Doyok, dan Ginanjar. Tentunya Rina berharap, dengan diadakannya Festival Budaya Nusantara ini dapat menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kota Tangerang.[]

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, Festival Budaya Nusantara merupakan upaya mempopulerkan keragaman budaya di Kota Tangerang. Ia berharap melalui festival tersebut warga Kota Tangerang dapat mengetahui berbagai budaya yang berkembang di wilayahnya.

“Melalui festival budaya, kami harapkan masyarakat Tangerang dapat mengetahui kesenian dan kebudayaan yang ada di Kota Tangerang,” ujar Arief.[]
Share :