Ini Strategi Pemerintah Menyelamatkan Pariwisata Indonesia dari Dampak Corona

Ini Strategi Pemerintah Menyelamatkan Pariwisata Indonesia dari Dampak Corona

Virus corona atau Covid-19 yang mewabah ke puluhan negara memengaruhi industri pariwisata termasuk di Indonesia. Sejumlah langkah sudah disiapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mengantisipasi wabah corona yang berawal dari Wuhan, China dan sudah terjadi di banyak negara.

Salah satunya dengan menggandeng influencer luar negeri yang merupakan strategi untuk menarik wisatawan asing untuk liburan ke Indonesia. Namun tak lama setelah itu, di awal Maret 2020, pemerintah mengumumkan sudah ada dua orang WNI yang terkena virus corona.

Dalam keterangan tertulisnya pada 2 Maret 2020, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama merespons kabar terbaru terkait positifnya dua WNI yang telah dinyatakan positif corona. Menurutnya, penerapan kebijakan stimulus sektor pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan mancanegara baru akan dilakukan menunggu hingga wabah Covid-19 mereda dan suasana kembali kondusif. Ia menambahkan, hal terpenting dalam kondisi saat ini adalah mengutamakan penanganan dan antisipasi agar virus tidak semakin meluas.

Pihaknya juga sangat prihatin atas semakin meluasnya wabah virus corona yang sudah sampai ke Indonesia. Untuk saat ini, mereka akan lebih memfokuskan program pada penanganan wisman yang masuk ke destinasi Indonesia saat dimulainya periode penyebaran virus dimaksud, menambah peningkatan kualitas destinasi pariwisata melalui environment sustainability, health and hygiene, dan safety and security.[]


Share :