Curug Munding, Keindahan Tersembunyi di Pedalaman Lebak

Curug Munding, Keindahan Tersembunyi di Pedalaman Lebak

Kabupaten Lebak tidak hanya terkenal dengan wisata adat Baduynya saja. Beberapa destinasi menarik wajib Anda kunjungi, seperti curug. Terdapat cukup banyak destinasi wisata Curug di Lebak, namun baru sedikit yang telah dikenal maupun dikunjungi oleh para traveler (wisatawan). Curug yang relatif sering disebut dan sudah dikelola oleh pemerintah desa setempat di Lebak salah satunya Curug Munding. Curug Mundung merupakan salah satu dari sekian air terjun dengan kisah yang unik, konon menurut cerita rakyat yang tersebar, pernah ada munding (kerbau) yang loncat dari atas curug. Sejak itulah curug yang berada di Desa Cicaringin, Kecamatan Gunungkencana tersebut dikenal dengan Curug Munding.

Curug Munding adalah satu dari sekian air terjun yang dimiliki kabupaten Lebak dengan kisah yang unik. Air terjun di desa Cicaringin, kecamatan Gunungkencana ini belum banyak diketahui oleh traveler sehingga suasana di sekitar lokasi masih lumayan asri dan alami. Jadilah Curug Munding sebagai tempat yang sangat pas untuk relaksasi di akhir pekan.

Hasil gambar untuk curug munding

Menurut penuturan masyarakat sekitar, nama “Curug Munding” terdiri dari dua suku kata Bahasa Sunda yaitu “Curug” yang berarti “Air Terjun” dan “Munding” yang berarti “Kerbau” yang jika disatukan berarti Air Terjun Kerbau. Menurut cerita yang beredar di masyarakat dan tentunya telah mereka terima dari para orang-orang tua terdahulu secara turun-temurun, Konon pada zaman dahulu ada seekor kerbau yang berjalan di atas Curug itu dan kemudian kerbau tersebut terjatuh kedasarnya, Nah, semejak saat itulah Air Terjun tersebut dikenal dengan nama Curug Munding Hingga saat ini.

Letak Curug Munding berada di pelosok Kecamatan Gunung Kencana membuat keberadaan Curug Munding belum terlalu banyak diekspose dan diketahui oleh para pegiat alam dan penyuka tantangan sehingga pengunjung yang datang kesini pun relatif masih sangat sedikit. Namun demikian, setidaknya hampir setiap akhir pekan selalu ada pengunjung baik dari daerah atau bahkan luar kota yang datang untuk menikmati keperawanan curug yang satu ini.

Para pengunjung yang datang ke sini pastinya tidak akan menyesal meskipun harus berjalan cukup jauh menguras tenaga, karena semua perjuangan itu akan terbayarkan dengan pesona keindahan dan kealamian Curug ini yang bisa membuat siapapun terpana ketika melihatnya. Suara deburan air yang jatuh memecah kesunyian hutan di sekelilignya, dan hembusan angin yang datang membawa butiran air membelai tubuh yang lelah karena perjalanan, sungguh inilah salah satu bukti nyata keagungan Tuhan yang tak ternilai harganya.

Bukan hanya itu, di bawah Curug ini terdapat cekungan air yang membentuk seperti kolam sehingga para pengunjung juga bisa bermain air dan berenang sepuasnya sambil menikmati sensasi percikan-percikan air yang jatuh dari atas. Selain itu pengunjung juga bias melompat dan menceburkan dirike air dari tepi-tepi bebatuan yang berada di bawah curug tersebut. Namun harus tetap hati-hati yaa, jangan sampai membahayakan diri sendiri dan pengunjung lainnya. Belum ada rencana mau menghabiskan liburan ke mana? Curug Munding bisa jadi pilihan Anda.[]

Share :

Order form

 Your Order has been sent successfully. We will contact you as soon as possible.
Error: Please try again