Rumah Warga di Banten Lama Bakal Disulap Jadi Homestay

Rumah Warga di Banten Lama Bakal Disulap Jadi Homestay
Sebanyak 20 rumah warga di sekitar kawasan situs Banten Lama, Kasemen, Kota Serang akan dijadikan homestay untuk tempat menginap wisatawan. Renovasi rumah tersebut direncanakan rampung pada tahun ini dan diharapkan sudah bisa digunakan pada akhir tahun ini.

Kabid Destinasi Pariwisata Banten, Paundra Bayyu Ajie, menyebut bahwa renovasi rumah warga untuk dijadikan homestay ini, bertujuan untuk menunjang pariwisata di destinasi penuh sejarah ini.

"Hunian homestay akan mulai dibangun tahun ini. Ini disokong juga bersama Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang berkoordinasi langsung dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim). Jumlahnya ada 20, ini untuk direhab," jelas Bayu, Kamis (9/1)

Selain dijadikan fasilitas penunjang wisata di Banten lama, pembangunan ini juga bermaksud untuk membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar situs. Pemerintah daerah, baik provinsi atau pemerintah kota disebutnya tidak akan mengambil retribusi dari homestay saat sudah difungsikan untuk tempat tinggal wisatawan.

Rehabilitasi rumah ini menurut Bayu telah sejalan dengan program revitalisasi situs Banten Lama yang sedang gencar dilakukan Pemprov Banten. "Bentuk homestaynya seperti muatan lokal saja, tapi ini bukan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ya. Setelah dibuat dikelola, dirawat dan dijaga oleh warga. Sementara Pemprov ataupun Pemkot tidak boleh mengambil keuntungan dari homestay ini," jelasnya.

Pada tahun ini juga pihaknya akan merampungkan pembuatan kanal yang ada di sekitar Keraton Surosowan untuk dibuat sebagai atraksi wisata layaknya pasar apung. Ia juga menyebut sedang dalam proses merampungkan atraksi wisata di Kampung Pancer, Karangantu yang tidak jauh dari Masjid Agung Banten untuk dijadikan wisata perairan.[]
Share :