Kemenparekraf Sediakan Transportasi dan Hotel untuk Tenaga Kesehatan

Kemenparekraf Sediakan Transportasi dan Hotel untuk Tenaga Kesehatan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerja sama dengan industri pariwisata dan perhotelan untuk menyediakan sarana transportasi dan penginapan bagi tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyebutkan sarana tersebut diperuntukkan bagi 154 tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Mintoharjo, yakni salah satu rumah sakit rujukan pemerintah dalam penanganan COVID-19. Para tenaga kesehatan itu akan menempati 77 kamar di Hotel Le Meridien, Jakarta.

"Kerja sama dengan pelaku industri pariwisata ini merupakan salah satu misi kemanusiaan. Di samping mendukung industri hotel tetap hidup. Sebab semua pihak harus bersatu bahu-membahu dalam menghadapi pandemi ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/5/2020).

Tidak hanya akomodasi, kata Wishnu, fasilitas dan kebutuhan pendukung bagi para tenaga kesehatan selama menginap juga disiapkan. Mulai dari binatu untuk pakaian, makanan, serta layanan transportasi dengan Grab pun disediakan setiap harinya bagi para tenaga kesehatan dari RSAL Dr. Mintoharjo.

"Kami terus memfasilitasi permintaan dari RS untuk menyediakan akomodasi bagi tenaga kesehatan. Langkah ini sama artinya dengan upaya nyata bagi penerapan program-program yang sifatnya jaring pengaman untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan melalui program ini tidak hanya tenaga kesehatan yang terfasilitasi, tapi sekaligus membantu pekerja, pengusaha hotel, dan pelaku usaha transportasi. Khususnya bagi pekerja langsung atau pekerja tidak langsung hotel tersebut, serta penambahan penyerapan tenaga kerja lainnya seperti transportasi dan penyedia makanan.

Sebagai informasi, Wishnutama juga telah meresmikan kerja sama dengan Grab Indonesia dalam menyediakan sarana transportasi bagi tenaga kesehatan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo. Grab Indonesia akan menyediakan layanan armada roda 4 khusus untuk tenaga medis yang bepergian antara RSAL Mintohardjo dan Hotel Le Meridien.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai stakeholder pariwisata yang semakin hari semakin besar, tidak hanya bersama-sama berupaya mencegah penyebaran COVID-19 tapi juga ketahanan industri," ucapnya.[]

Share :