Indonesia Izinkan Wisatawan Mancanegara untuk Berwisata

Indonesia Izinkan Wisatawan Mancanegara untuk Berwisata

Memasuki new normal, Indonesia membuka pintu pariwisata bagi empat negara, termasuk Jepang. Hal ini dilakukan demi menghidupkan kembali roda perekonomian yang sempat berhenti akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan secara resmi oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo R.M. Manuhutu. "Rekan kami di Kementerian Luar Negeri telah merancang kebijakan baru untuk empat negara yakni, China, Korea Selatan, Jepang, dan Australia," ujar Odo seperti dilansir dari Bangkokpost, Senin (15/6/2020).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya telah melakukan diskusi secara komprehensif untuk membahas kriteria perizinan antara Indonesia dan keempat negara tersebut. "Setelah kriteria atau SOP-nya telah dibuat, negosiasi akan dilakukan oleh keempat negara itu dalam waktu dua sampai empat minggu ke depan. Setelah mencapai kesepakatan, pembatasan pariwisata akan kembali dibuka," tambahnya.

Odo menambahkan, kesepakatan antar empat negara ini nantinya akan menjadi prototipe sebelum membuka pintu pariwisata lainnya.

Dia juga mengindiksikan bahwa keempat negara tersebut dipilih karena investasi mereka selama ini telah membantu perekonomian Indonesia.

Penerbangan langsung antara Seoul-Jakarta atau Osaka-Bali akan dibuka kembali, setelah koridor pariwisata telah dibuat. Pasalnya, saat ini banyak wisatawan yang cenderung menghindari transit untuk menghindari risiko tertular Covid-19.

Pemerintah Indonesia secara perlahan memang tengah membuka kembali sejumlah objek wisata, meski angka penularan Covid-19 masih cenderung tinggi.

Pemulihan pariwisata domestik tampaknya menjadi target utama sebelum dibuka untuk wisatawan mancanegara. Seperti diketahui, dampak dari pandemi Covid-19, sektor pariwisata Indonesia mengalami kerugian puluhan miliar.[]

Share :