Bersih, Sehat, Aman dan Suasana Jadi Prinsip Pemulihan Pariwisata Indonesia

Bersih, Sehat, Aman dan Suasana Jadi Prinsip Pemulihan Pariwisata Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengeluarkan protokol kesehatan untuk sektor pariwisata. Prinsip protokol kesehatan yakni CHSE. Akronim dari Clean, Health, Safety dan Environment.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengatakan CHSE menjadi dasar terciptanya konsep wisata berkualitas. Dasar-dasar CHSE ini pun sudah dilakukan oleh sektor pariwisata sebelum virus corona mewabah.

"Kebetulan quality tourism maupun kebutuhan dasar seperti clean health safety and environment ini sebelum Covid- 19 sudah kami persiapkan," kata Menteri Wishnutama di Jakarta, Rabu, (22/7).

Dalam kondisi ini, prinsip CHSE menjadi hal yang strategis. Sebab, menjadi faktor utama kepercayaan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata. Hal lain yang dilakukan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata yaitu koordinasi antar kementerian. Koordinasi dilakukan dalam rangka membangun konektivitas.

Harus diakui, kata Menteri Wishnutama, konektivitas di Indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara lainnya. Begitu juga dengan faktor lainnya seperti infrastruktur, sumber daya manusia dan pemasaran CHSE.

"Ini artinya kita sangat tertinggal," kata dia mengakhiri.[]

Share :