Sport Tourism Jadi Andalan Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Sport Tourism Jadi Andalan Bangkitkan Pariwisata Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) terus berupaya membangkitkan kembali sektor pariwisata. Salah satunya upayanya dengan mengandalkan potensi alam dan mengairahkan olahraga untuk memancing wisatawan datang dan mengunjungi destinasi wisata.

"Ajang olahraga internasional bisa menjadi daya tarik pariwisata Indonesia. Seperti Asian Games, Tour de Banyuwangi Ijen, Ironman Bintan, Jogja International Heritage Walk, Borobudur Marathon dan banyak lainnya. Ini yang kita berusaha dorong untuk kembali menggairahkan pariwisata di Indonesia," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan EkMantan CEO Net TV itu juga terus berupaya membidik ajang-ajang olahraga berskala internasional sebagai penarik wisatawan datang ke destinasi wisata. Diantaranya penyelenggaraan ajang MotoGP 2021 yang akan berlangsung di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Untuk itu, saya mengajak masyarakat juga industri untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Terutama dalam menjalankan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Security) yang akan menjadi kebutuhan wisatawan dalam era adaptasi kebiasaan baru di era Pandemi Covid-19 ini, karena biar bagaimanapun sektor pariwisata tetap harus bangkit meski tengah dalam kondisi seperti ini.Oleh sebab itu, situasi pandemi ini harus dihadapi dengan strategi yang komprehensif, terarah, dan kolaboratif," tambahnya.

Sementara itu Presiden Joko Widodo sebelumnya mengungkapkan bahwa sport tourism telah menjadi tren pariwisata baru yang pasarnya sangat luas, terlebih Indonesia mempunyai banyak tempat indah untuk pengembangan sport tourism, mulai dari gunung, laut, dan danau. Indonesia juga kaya akan seni dan budaya dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai acara olahraga seperti terbang layang, menyelam, bersepeda, atletik, dan olahraga rekreatif lainnya.[]

Share :