Menteri Pariwisata Yakin Sektor Pariwisata Indonesia Bangkit

Menteri Pariwisata Yakin Sektor Pariwisata Indonesia Bangkit

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyebutkan sektor pariwisata paling berdampak selama pandemi Covid19.

Adanya rasa kekhawatiran dimasa pandemi menjadi hal yang tidak bisa dihindari. 
 
"Dengan membangun kepercayaan, memberikan keamanan wisatawan menjadi hal terpenting agar wisatawan bisa kembali berkunjung ke lokasi wisata," sebut Wishnutama Kusubandio dalam kegiatan Webinar Nasional yang diadakan Taruna Merah Putih dengan Tema "Membangkitkan Gairah Pariwisata Sumatera Utara dan Indonesia di Masa Pandemi Covid19" di Hotel Grandhika Medan, Sabtu (3/10).
 
Tentunya pada sektor pariwisata membutuhkan trust atau kepercayaan. Oleh karena itu, kita akan memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik di lokasi tersebut. 
 
"Kita sudah buktikan saat kerjasama bersama tenaga medis Covid-19 untuk menginap di hotel dan tidak ada pekerja hotel yang terpapar virus Corona. Ini dilakukan karena kita melakukan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya sembari menyampaikan keyakinan dengan sektor wisata yang dimiliki Sumatera Utara segera bangkit kembali.
 
Senada dengan itu, Bupati Taput Nikson Nababan dan Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan dalam menarik sektor wisata yang merupakan salah satu sumber PAD melakukan pengawasan sesuai dengan Prokol kesehatan.
 
"Upaya ini kita lakukan pengawasan agar pengelola perhotelan, cafe maupun sarana transportasi angkutan danau agar senantiasa memberlakukan Prokes," ucap Rapidin seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Amsal, Minggu (4/10).
 
Hal yang sama, lanjut Nikson pada acara tersebut pihaknya melakukan penataan dikawasan pinggiran danau.
 
Tujuannya menjaga keasrian dan kenyamanan. Bahkan kedua bupati yang wilayahnya berada disekitaran danau toba mengaku meski kedatangan tamu mancanegara berkurang namun wisatawan lokal relatif stabil, dimana umumnya berasal dari Medan dan daerah lainnya.
 
Pada acara itu, Sekjen DPP TMP Restu Hafsari mewakili Ketum TMP, Maruarar Sirait, menyampaikan kegiatan bisa membangkitkan sektor pariwisata.
 
Dengan diadakan acara ini bisa diharapkan solusi, demi berjalan sektor wisata. Sumut tidak hanya Danau Toba akan tetapi banyak lokasi wisata yang didatangi untuk berlibur.
 
Hal senada juga disampaikan Ketua LLIDIKTI Wilayah 1, Prof Dian Armanto peran perguruan tinggi cukup besar terutama dalam mengkampanyekan tempat wisata.
 
Sementara GM BP Geopark Kaldera Danau Toba, Hidayati Ramli merasa yakin sektor wisata yang dimiliki Sumatera Utara segera bangkit. 
 
"Karena dengan menerapkan protokol kesehatan memberikan rasa nyaman bagi para pelancong untuk berlibur," ucapnya.
 
Ungkapan yang sama juga disampaikan Ketua DPD PDIP Sumut, Jarot bahwa sektor wisata akan kembali terdongkrak dengan penerapan protokol kesehatan.
 
"Terlebih lagi rasa aman dan nyaman itu merupakan modal utama dalam meningkatkan PAD," ucapnya lagi.
 
Sementara itu, Ketua TMP Kota Medan sekaligus Ketua Panitia Webinar Nasional Wong Chun Sen menyampaikan apresiasi atas animo masyarakat.
 
Untuk kegiatan melalui Zoom diikuti 3000 orang dari 6501 orang yang mendaftar. Sedangkan live streaming youtube diikuti 7100 orang.
 
Hadir dalam kegiatan Webinar Nasional, tampak Ketua TMP Sumut, Brilian Mokhtar serta para pengurus TMP Medan dan Sumut serta perwakilan element mahasiswa.[]
Share :