Pemkab Lebak Sambut Baik Panduan CHSE Kemenparekraf bagi Industri Wisata

Pemkab Lebak Sambut Baik Panduan CHSE Kemenparekraf bagi Industri Wisata

Pemkab Lebak menyambut baik panduan clean, healty, safety, environment (CHSE) yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bagi industri pariwisata.

Panduan itu, diharapkan bisa membangkitkan kembali pariwisata Banten di masa pandemi Covid-19.

"Semoga, dengan adanya panduan CHSE menjadi semangat baru untuk kegiatan pariwisata di Banten, khususnya di Kabupaten Lebakdi masa pandemi Covid-19," kata Kepala seksi Ekonomi kreatif (Kasi Ekraf) Dinas pariwisata (Dispar) Lebak, Farid Surawan, dihubungi seusai mengikuti webinar sosialisasi CHSE yang digelar Kemenparekraf RI, di Tangerang, Rabu 8 Oktober 2020.

Menurut dia, penerapan panduan CHSE tentu sejalan dengan ikhtiar pemerintah daerah membangkitkan sektor wisata di tengah pandemi Covid-19. Karenanya, pemerintah daerah optimistis sektor pariwisata di Banten bisa bangkit.

"Pemkab Lebak saat ini tengah menerapkan Perbup Nomor 28 Tahun 2020 tentang pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Itu merupakan ikhtiar dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Dengan adanya panduan CHSE tersebut, maka akan bisa menambah rasa optimisme pemerintah daerah untuk membuka kembali sektor wisata, setelah berakhirnya Pemberlakuan Sosial Bersekala Besar (PSBB) sejak 1 hingga 20 Oktober 2020 mendatang.

"Menerapkan wisata di tengah pandemi Covid-19, tentu butuh panduan untuk di daerah, terutama event out door. Apalagi, hampir 90 persen pelaksanaan event adalah out door. Panduan CHSE juga bisa dijadikan pedoman edaran penyusunan kalender event di Kabupaten Lebak di tahun 2021," katanya.[]


Sumber: kabarbanten

Share :