Bupati Lebak Serius Bahas Wisata Bayah Dome Menjadi Geopark

Bupati Lebak Serius Bahas Wisata Bayah Dome Menjadi Geopark

Dalam rangka upayanya untuk menjalankan visi Bupati lebak dengan menjadikan kabupaten lebak sebagai Destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal, sekretariat daerah kabupaten lebak mengadakan FGD (Focus Gruop Discussion) yang melibatkan perwakilan dari OPD, Camat daerah terkait, serta komunitas penggiat pariwisata dan konservasi lingkungan.

Forum diskusi tersebut membahas khusus dalam pengembangan potensi wisata yang ada di sekitar Bayah Dome menjadi kawasan Geopark yang meliputi geosite Bayah, Cilograng, Cibeber, Panggarangan, Cigemblong, Cihara, Sajira dan Curugbitung.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya,  menegaskan, dalam sambutanya bahwa pemerintah akan serius dalam mengembangkan sektor pariwisata dan menjadikanya sebagai prioritas. Dan Kabupaten Lebak memiliki karakter kuat dengan bentangan alam yang unik mulai dari sisi geosite, geo heritage, biodiversity serta cultural diversity sebagai potensi dan pendukung dalam mengembangkan Bayah Dome menjadi kawasan Geopark di Kabupaten Lebak.

Forum diskusi tersebut juga dihadiri oleh para expert dalam pengembangan Geopark itu sendiri, seperti Dr. Ir. Sugeng Santoso, M.T dari staf ahli Menteri bidang Ekonomi Maritim Kementerian Koordinator Kemaritiman, Nurdin Razak dari Kementerian LHK, Dr.Ir. Haryadi Rahmat, MM sebagai ketua Masyarakat Geowisata Indonesia,  serta Dr.Ir Yunus Kusumahbrata, M.Sc dari Tim percepatan pengembangan Geopark.

 

Dalam forum diskusi tersebut juga ibu kepala BAPPEDA Kabupaten Lebak, Ibu Ir. Hj. Virgojati, M.Si menambahkan bahwasanya program pengembangan Bayah Dome menjadi kawasan Geopark ini sudah Masuk dalam RPJMD Kabupaten Lebak yang proses pelaksanaanya akan dilakukan secara bertahap sehingga diharapkan pada tahun 2023 Geopark Bayah Dome bisa menjadi Geopark Nasional.[]

Share :