Kemenparekraf Siapkan Program Pemulihan Sektor Pariwisata

Kemenparekraf Siapkan Program Pemulihan Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengakui, pandemi Covid-19 telah menghantam sektor pariwisata. Namun ia menegaskan, tidak hanya di Indonesia, hal itu terjadi pula di berbagai negara. 

“Karena pariwisata itu kan sektor yang tergantung pergerakan manusia. Kalau berkurang atau tidak ada pergerakan, mau tidak mau terdampak,” jelasnya dalam Festival UMKM yang digelar Kumparan, Senin (26/10).

Ia menambahkan, sektor pariwisata pun berkaitan dengan ekonomi kreatif. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), terdapat 248 ribu di bidang pariwisata dan 14.700 pelaku ekonomi kreatif yang terdampak langsung pandemi, seperti dirumahkan hingga diputus hubungan kerjanya (PHK). 

Perjalanan pariwisata internasional, lanjutnya, juga menurun. “Tahun ini diperkirakan, 300 juta kunjungan pariwisata internasional hilang, bahkan devisa pariwisata dunia hilang 320 bilion dolar AS,” tutur dia. 

Maka, kata Wishnutama, Kemenparekraf menyiapkan berbagai macam strategi. Tujuannya agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bangkit kembali.[]

Share :