Kemenparekraf: RI Fokus Kembalikan Kepercayaan Wisatawan

Kemenparekraf: RI Fokus Kembalikan Kepercayaan Wisatawan
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan, fokus pemerintah saat ini yakni mengembalikan kepercayaan masyarakat domestik dan internasional terhadap keamanan berwisata. Hal itu menjadi langkah penting untuk memulai pemulihan sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19.

“Prioritas kita adalah membuat wisatawan kembali percaya dan membantu pelaku usaha pariwisata untuk bisa bertahan hidup,” kata Sekretaris Kemenparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, dalam Global Tourism Forum, Recovery and Beyond Summit 2020, secara virtual, Jumat (27/11).

Adnyani mengatakan, Indonesia bersama negara-negara di dunia tentu harus bersama memikirkan dampak pandemi Covid-19 sekaligus solusi dari adanya restriksi di berbagai sektor secara global.


Fokus pada mengembalikam kepercayaan wisatawan saat ini amat penting. Pasalnya, pertimbangan utama sebelum calon wisatawan memilih destinasi adalah keamanan dan keselamatan diri di tempat yang ingin dituju. Dalam konteks pandemi, faktor kesehatan menjadi yang utama.


Pemerintah, kata Adnyani, juga telah menerbitkan protokol CHSE sebagai standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan di suati kawasan wisata dan ekonomi kreatif. Sebagai tindak lanjut, pemerintah juga melakukan sertifikasi CHSE dengan target 8.000 pelaku usaha pariwisata di tahun ini secara gratis.[]



Share :