Ke Banten Selatan, Jangan Lupa Singgah ke Destinasi Pulo Manuk

Ke Banten Selatan, Jangan Lupa Singgah ke Destinasi Pulo Manuk

Selain Pantai Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten juga masih menyimpan sederet eksotisme yang patut Anda jajaki. Salah satunya Pantai Pulau Manuk atau Pulo Manuk, kawasan ini dikelilingi pohon-pohon hijau yang rindang, sangat cocok dijadikan tempat bersantai di akhir pekan. Beberapa warung berjajar menjual makanan di pinggiran pantai.

Tak hanya pantainya dengan ombak yang besar khas pantai selatan, namun juga dapat dijadikan tempat memancing ikan. Masyarakat setempat percaya pulau ini berbentuk seperti paruh burung, sehingga dinamakan Pulo Manuk.

Pulo Manuk yang dalam Bahasa Sunda berarti Pulau Burung merupakan pulau kecil yang menjadi habitat atau sekadar persinggahan dari banyak macam burung. Pulau yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten ini banyak dikunjungi wisatawan.

Setiap pagi atau sore menjadi waktu yang biasanya digunakan burung-burung untuk mencari makan. Jika musim migrasi tiba, Pulo Manuk juga digunakan hewan bersayap ini untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Burung Camar menjadi burung yang paling sering terlihat di pulau ini.

Nama Pulo Manuk sendiri di ambil dari bahasa Sunda yang berarti Pulau Burung. Selain menjadi tempat singgah, masyarakat disini percaya bahwa bentuk pulau tersebut menyerupai paruh burung yang bengkok di bagian ujungnya.

Daya tarik di Pulo Manuk tidak hanya sebatas satwa burung saja. Ombak besar khas laut Jawa Selatan juga menjadi sajian yang begitu memikat. Gempuran berupa gulungan ombak yang besar dan mengempas mengenai karang menjadi daya pikat lain di Pulo Manuk.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas memancing di pulau ini. Memancing menjadi aktivitas menyenangkan di sini, apalagi jika air sedang surut, pengunjung dapat berjalan kaki menuju Pulo Manuk yang letaknya terpisah.[]
Share :