Sandiaga Uno Beberkan Langkah-Langkah Strategis Kemenparekraf Mitigasi Dampak COVID-19

Sandiaga Uno Beberkan Langkah-Langkah Strategis Kemenparekraf Mitigasi Dampak COVID-19

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyiapkan langkah-langkah strategis yang dilakukan untuk memitigasi dampak pandemi COVID-19 yang masih terjadi pada 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, fokus utama dalam menyiapkan langkah strategis di masa pandemi ini adalah menekan penularan COVID-19 serta meningkatkan kepatuhan seluruh pihak terhadap protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sandiaga Uno menyebutkan pihaknya memberikan bantuan berupa penyediaan kamar hotel dan bantuan pangan bagi tenaga kesehatan, tim medis, dan pasien OTG (Orang Tanpa Gejala).

Selain itu, Sandiaga menuturkan terkait dengan strategi untuk mendatangkan kembali wisatawan mancanegara yang harus menyesuaikan dengan strategi pemerintah.

"Kita tahu bahwa border ini sedang ditutup pada 14–28 Januari 2021. Hal ini akan berdampak pada target-target yang pernah dicanangkan sebelumnya. Oleh karena itu, kita akan melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan memfokuskan pada wisatawan nusantara,” kata Sandiaga.

Tak hanya itu, 17 subsektor ekonomi kreatif yang juga mengalami dampak dari pandemi COVID-19, nantinya akan diberikan fasilitasi berupa pendampingan dan peningkatan kompetensi, baik dari sektor animasi, film, musik dan lainnya.[]
Share :