Wisata Religi di Pulau Cangkir, Bisa Ziarah ke Makam Pangeran Jaga Lautan

Wisata Religi di Pulau Cangkir, Bisa Ziarah ke Makam Pangeran Jaga Lautan
Banten sebagai Provinsi di ujung Barat Pulau Jawa menyimpan banyak wisata pantai dan religi yang bisa dikunjungi.

Beragam objek wisata alam dan pantainya bisa menjadi lokasi berlibur bersama dengan keluarga. Segera menentukan waktu berlibur di wisata Banten.

Satu diantaranya yang biasa dikunjungi sebagai lokasi wisata Banten yakni Pulau Cangkir.

Ya, Pulau Cangkir menjadi satu dari sekian banyak destinasi wisata religi yang bisa dikunjungi.

Lokasinya di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Perjalanan sekitar 1 jam dari Kota Tangerang dan 2 jam dari Kota Serang, Ibu Kota Provinsi Banten.

Di Pulau Cangkir, terdapat sebuah makam yang biasa menjadi lokasi ziarah. Di Pulau Cangkir ada sebuah makam Pangeran Jaga Lautan.

Siapa Pangeran Jaga Lautan?

Dikutip dari situs resmi Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Pulau cangkir menjadi objek wisata ziarah karena di lokasi itu terdapat makam Pangeran Jaga Lautan yang bernama asli Syekh Waliyuddin.  Seorang ulama besar yang berasal dari Banten.

Keberadaan makam Pangeran Jaga Lautan inilah yang menjadikan pulau cangkir sebagai tempat wisata religius yang tidak hanya dikenal oleh masyarakat Banten, bahkan seluruh nusantara.

Di Pulau Cangkir, pengunjung wisata Banten tidak hanya berziarah. Di kawasan seluas 4,5 Ha ini menawarkan panorama alam hutan mangrove yang tersebar di sepanjang jalur menuju pulau.

Pengunjung juga dapat mengamati kehidupan sehari-hari nelayan mulai dari merawat kapal hingga mengolah hasil tangkapan.[]


Share :