“Pengembangan Sanitasi dan Higienis Bagi Pelaku Ekonomi Kuliner” Pentingnya Kuliner Sehat Bagi Pariwisata Banten

“Pengembangan Sanitasi dan Higienis Bagi Pelaku Ekonomi Kuliner”  Pentingnya Kuliner Sehat Bagi Pariwisata Banten
Dinas Pariwisata Provinsi Banten menganggap pentingnya peran pelaku ekonomi kuliner dalam dunia pariwisata, tidak hanya tentang rasa dan identitas sebuah daerah pada wisata kuliner, namun sanitasi dan higienis nya sebuah makanan menjadi perhatian serius pemerintah.  Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Agus Setiawan pada pembukaan acara.

“Keberadaan kuliner sangat penting dalam menunjang dunia pariwisata, khususnya pada wisata kuliner di Provinsi Banten” Ungkap Agus Setiawan.

Pentingnya sanitasi dan higienis pada kuliner, maka Dinas Pariwisata Provinsi Banten telah menyelenggarakan kegiatan “Pengembangan Sanitasi dan Higienis Bagi Pelaku Ekonomi Kuliner” pada tanggal 31 Maret 2021 bertempat di Café DPalma, Kota Serang, Provinsi Banten yang dihadiri oleh Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten H Gembong R. Sumedi, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Agus Setiawan dan Kepala Seksi Pengawasan Pangan Pada Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Lim Elfiza serta para pelaku ekonomi kuliner di Provinsi Banten.



Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah wawasan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banten, seperti yang dikatakan pada sambutannya.

“Berbicara kuliner bisa masuk ke semua segmen, luas dan menarik, saya berharap bahwa kegiatan ini bisa memberikan peningkatan kemampuan bagi para pelaku ekonomi kuliner. Dengan adanya industri pariwisata, masyarakat yang berada di tempat sekitar wisata ikut terbantu ekonomi nya. Oleh karena itu bagaimana mengelola usaha dengan memperhatikan sanitasi higienis nya sangatlah penting.  Maka  Saya memberikan apresiasi untuk acara ini”. Harap Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten H Gembong R. Sumedi.

Pada sesi materi Lim Elfiza mengungkapkan pentingnya sebuah usaha yang bermanfaat dan memiliki nilai jual supaya memperhatikan sektor pangan, karena merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus ditangani dengan baik dan benar yang merujuk pada pangan fungsional.

“Pangan fungsional merupakan pangan yang dikonsumsi yang memenuhi standar mutu, persyaratan keamanan, standar persyaratan lainnya, dan memiliki karakteristik sensoris yang sama seperti makanan pada umumnya, seperti penampakan, meliputi warna, tekstur, ukuran, konsistensi, serta cita rasa yang dapat disajikan dan diterima oleh konsumen”.  Ungkap Lim Elfiza.






Share :