KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Lesung Masuk ke Dalam Konsep Tren Baru Pariwisata yang Customize, Personalized, Localized dan Smaller In Size

KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Lesung Masuk ke Dalam Konsep Tren Baru Pariwisata yang Customize, Personalized, Localized dan Smaller In Size
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung Berlokasi di ujung paling barat Pulau Jawa, yaitu Kabupaten Pandeglang, Banten, merupakan KEK Pariwisata pertama dan telah diresmikan beroperasi pada Februari 2015.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, pariwisata ke depan akan lebih kepada konsep personalize, customize, localize, dan smaller in size. Personalized dimana wisatawan akan lebih memilih jenis pariwisata pribadi atau hanya dalam lingkup keluarga, kemudian customize dimana para traveler akan berwisata dengan pilihan minat khusus seperti wisata berbasis alam.  Localize, yakni wisatawan akan lebih memilih destinasi yang jaraknya tidak terlalu jauh dan terakhir smaller in size adalah pariwisata dengan jumlah pengunjung di setiap destinasi wisata yang tidak terlalu masif.  Semua konsep tersebut dikatakan Sandiaga cocok dan dapat diterapkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.



“KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) ini dari 2015 dan ini adalah satu KEK yang pertama dari 10 KEK, ini masuk ke dalam konsep tren baru pariwisata yang customize, personalized, localized dan smaller in size “ Ungkap Menparekraf saat di KEK Tanjung Lesung tanggal 6 April 2021 dalam rangkaian kunjungan Tour De Banten nya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta agar desa wisata di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung dapat ditambahkan.

"Harus ada desa wisata di sekitar sini. Kalau sekarang ada 16 desa wisata di Pandeglang, bisa ditambah lagi," kata Sandiaga Uno.

Selain itu, pariwisata juga harus mendukung pengembangan UMKM dan memanfaatkan teknologi serta masuk pada digital economic.  Ia juga mengatakan, sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat pada KEK Tanjung Lesung saat ini sedang berlangsung pembangunan jalan tol Serang-Panimbang yang ditargetkan selesai pada 2022.




Share :