Dinas Pariwisata Provinsi Banten Selenggarakan Rapat Persiapan Kegiatan Siaga Wisata Hari Raya Idul Fitri 2021

Dinas Pariwisata Provinsi Banten Selenggarakan Rapat Persiapan Kegiatan Siaga Wisata Hari Raya Idul Fitri 2021
Pada Hari Raya Idul Fitri 2021 Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan larangan mudik untuk menekan angka penyebaran covid 19, terlebih di Provinsi Banten karena masuk peringkat 6 besar tujuan mudik nasional, kondisi ini harus diantisipasi bersama dikarenakan dengan adanya larangan mudik diprediksi akan ada lonjakan peningkatan wisatawan di Provinsi Banten, terutama di kawasan wisata ziarah dan pantai.

Melihat kondisi Provinsi Banten pada libur lebaran 2021 ini, maka penting dilakukan langkah antisipasi untuk meminimalisir bahkan mencegah adanya klaster baru covid 19 di Provinsi Banten, melalui rapat yang telah diselenggarakan di Dinas Pariwisata Provinsi Banten pada tanggal 5 Mei 2021.

Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy membuka langsung Rapat Persiapan Kegiatan Siaga Wisata Hari Raya Idul Fitri 2021 secara daring, turut hadir pada rapat persiapan tersebut baik secara luring maupun daring Direktorat Pam Obvit Polda Banten, Danlanal Banten, Badan Sar Nasional, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Kepala Satpol PP Provinsi Banten, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Kepala BPBD Provinsi Banten, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten, Kepala OPD yang membidangi pariwisata di Kabupaten/Kota se Provinsi Banten serta para stakeholder pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten mengungkapkan tujuan dari rapat tersebut untuk meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan siaga wisata dan upaya keamanan dan keselamatan wisatawan terutama dalam menekan resiko penyeberan covid 19.

Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy pada paparannya mengungkapkan menekan angka penyebaran covid 19 pada libur Idul Fitri 2021 merupakan tugas bersama, sehingga diharapkan tidak terdapat klaster baru.

“Tugas kita bersama bahwa libur Idul Fitri 1442 H ini jangan sampai ada klaster baru penyebaran covid di Provinsi Banten” Kata Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy secara daring pada Rapat Persiapan Kegiatan Siaga Wisata Hari Raya Idul Fitri 2021.

“Saya berpesan kepada Dinas Pariwisata untuk bersama stakeholder agar memetakan SOP (Standar Operasional Prosedur) terkait kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan yang ada di tempat-tempat wisata melalui media luring maupun daring, saya berharap SOP disusun memperhatikan karakteristik dan kekhususan daya tarik wisata yang dikelola, baik daya tarik wisata alam, budaya, maupun hasil buatan manusia” Harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten menambahkan pentingnya edukasi dan sosialisasi secara terus menerus mengenai covid 19, sebagai tindaklanjut pihaknya akan membangun posko kesehatan pada Hari Raya Idul Fitri 2021 total sebanyak 287 posko.

Pada penutup rapat, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten menegaskan pentingnya wisatawan mengikuti pedoman CHSE agar meminimalisir resiko penyebaran covid 19.








Share :