Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI ke destinasi wisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI ke destinasi wisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten

Komisi X DPR RI telah melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada tanggal 4 Juni 2021.  Hadir dalam Kunjungan Kerja Spesifik tersebut dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, S.E., M.E, Kepala Dinas Pariwisata Banten Drs. H. M. Agus Setiawan, A.W., M.Si, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Pimpinan DPRD Kabupaten Pandeglang, Stakeholder Pariwisata Banten dan Komunitas Pelaku Pariwisata. Setelah acara pertemuan dilanjutkan dengan tinjauan lapangan ke desinasi wisata Tanjung Lesung.


Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang selama dampak Covid 19 telah banyak melakukan upaya - upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 terutama pada sektor pariwisata melalui, bimbingan teknis penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safe and Environmental Sustainability) pada stakeholders pariwisata, destinasi pariwisata, dan sektor ekonomi kreatif, upaya upaya monitoring juga dilakukan  pada destinasi pariwisata dan akomodasi dengan memastikan Daya Tarik Wisata  tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan, memberikan himbauan tentang protokol kesehatan di era pandemi melalui pemberian vaksin bagi stakeholders pariwisata.


Dalam paparan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, telah dibentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) secara kerelawanan yang disebut dengan Cikadu Edutourism. Pokdarwis ini memiliki peran terutama dalam mengembangkan cinderamata, baik yang dijual secara daring, maupun untuk souvenir bagi wisatawan yang hadir ke Tanjung Lesung. Selain itu, pokdarwis tersebut juga berperan sebagai tour guide yang mendampingi para wisatawan untuk berkunjung ke kampung-kampung wisata seperti dikutip dari https://www.dpr.go.id.


Kunjungan Kerja ini turut diikuti sejumlah Anggota Komisi X DPR RI, di antaranya Ledia Hanifa Amaliah, Bramantyo Suwondo, Desi Ratnasari, Andreas Hugo Pareira, Nuroji, Andi Muawiyah Ramly, Illiza Sa’aduddin, Ratih Megasari, Mustafa Kamal, Rian Firmansyah, dan Djohar Arifin Husin.
Share :