Sertifikasi Pemandu Wisata untuk Mencetak Pemandu Wisata yang Berkualitas di Provinsi Banten

Sertifikasi Pemandu Wisata untuk Mencetak Pemandu Wisata yang Berkualitas di Provinsi Banten
Dinas Pariwisata Provinsi Banten sukses menyelenggarakan Sertifikasi Pemandu Wisata pada tanggal 10 Juni 2021 di Teras Meeting Room & Resto, Kota Serang, Provinsi Banten, kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan pemandu wisata yang berkualitas dan bersertifikat.

Pada pembukaan acara Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten Ir. H Gembong R. Sumedi, MM mengungkapkan bagaimana pentingnya seorang pemandu yang memiliki kualitas dan sertifikasi pemandu wisata adalah sebagai garansi untuk mencapai hal tersebut.

“Para pemandu wisata ini tidak bisa dihilangkan perannya, karena pemandu wisata inilah yang menjadi garda terdepan dalam menjelaskan kepada para wisatawan, sertifikasi ini sebagai garansi untuk para pemandu wisata, karena para wisatawan tentunya ketika berkunjung ke objek-objek wisata di Provinsi Banten pasti mereka meminta pemandu yang berkualitas” Ucap Ir. H Gembong R. Sumedi, MM.

Kepala Dinas Pariwisata Banten Drs. H. M. Agus Setiawan, A.W menegaskan pentingnya sertifikasi sebagai hal yang penting dalam bukti legalitas kompetensi seorang pemandu wisata.

“Sertifikasi ini penting sebagai bukti legalitas kompetensi bapak ibu (pemandu wisata) ada uji kompetensi, jika lulus nanti keluar sertifikat kompetensinya, jika tidak maka harus ditingkatkan lagi.  Lembaga sertifikasi memiliki pedoman dalam uji kompetensi tersebut” Tegas Drs. H. M. Agus Setiawan, A.W.



Sementara itu, Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Banten Sudirman,S.Pd, M.Par menambahkan pentingnya kegiatan tersebut disambut antusias yang tinggi dari para pemandu wisata di Provinsi Banten.

“Uji Kompetensi pemandu wisata  dihadiri oleh pemandu wisata Gunung  dirokemendasikan APGI Banten, Goa dan Ekowisata oleh HPI Provinsi Banten, ini bersentuhan langsung sebagai garda depan melayani tamu, sebagian besar mereka sudah  membawa wisatawan di destinasi, seperti Ujung Kulon, Baduy, Carita, Pulau Tunda, Banten Lama dan lain sebagainya, ini menandakan antutiasme yang tinggi dari para pemandu wisata”. Jelas Sudirman,S.Pd, M.Par.
Share :