Pembahasan Ruang Lingkup Proyek Destinasi Pariwisata Prioritas KEK Tanjung Lesung: Aspek Legal, Aspek Teknis, dan Aspek Pasar

Pembahasan Ruang Lingkup Proyek Destinasi Pariwisata Prioritas KEK Tanjung Lesung: Aspek Legal, Aspek Teknis, dan Aspek Pasar
Sehubungan dengan kegiatan penyusunan Peta Peluang Investasi Proyek Prioritas Strategis yang Siap Ditawarkan di Sektor Pariwisata, Pengembangan Kawasan, Industri yang Terintegrasi dengan Kawasan, dan Infrastruktur Penunjang Kawasan T.A. 2021, Kementerian Investasi/BPKM menyelenggarakan rapat Penajaman Proyek KEK Tanjung Lesung secara daring yang telah dilaksanakan pada Tanggal 12 Juli 2021 dengan agenda “Pembahasan Ruang Lingkup Proyek Destinasi Pariwisata Prioritas KEK Tanjung Lesung: Aspek Legal, Aspek Teknis, dan Aspek Pasar”.

Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Perekonomian, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Banten Zaenal Mutaqin menungkapkan progres proyek tol Serang-Panimbang sudah lebih dari 90% dan berharap akan segera beroperasi dalam waktu dekat.

Selanjutnya, Kepala Seksi Pengaturan dan Pembinaan Penataan Ruang pada DPUPR Provinsi Banten, Jafar, mengungkapkan dari Kementerian ATR pada tahun 2012 telah menjadi rujukan walaupun belum dijadikan Perda, untuk mendukung pengembangan KEK Tanjung Lesung.

“Terkait dengan dukungan infrastruktur terutama di jalan provinsi, diantaranya jalan Sumur kondisinya sudah bagus, lalu Panimbang-Munjul, Ciseket dan lain sebagainya merupakan salah satu upaya dalam mendorong pengembangan KEK Tanjung Lesung” Ungkapnya.

Hery Yulianto Sekretaris BPBD Provinsi Banten berharap kedepannya, aspek keselamatan lebih ditingkatkan kembali.

“Pengalaman bencana Tsunami pada KEK Tanjung Lesung, sudah ada peringatan akan ada bencana, namun keinginan untuk mendongkrak pariwisata peringatan tersebut menjadi tertutupi, ini menjadi pelajaran ke depan.  Kita setuju mendongkrak pariwisata KEK Tanjung Lesung, namun jangan sampai melalaikan resiko bencana” Harapnya.

Hadir secara daring pada rapat ini Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Drs. M. Agus Setiawan A.W., M.Si, serta beberapa Instansi dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Pemerintah Provinsi Banten.
Share :