Bimtek & Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 untuk wilayah IV (DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat)

Bimtek & Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 untuk wilayah IV (DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat)
Sebanyak 1.831 desa wisata telah mendaftarkan diri dalam lomba yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bertajuk “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” atau ADWI termasuk desa-desa wisata di Provinsi Banten.

“Saya melihat bahwa tren ke depan akan sangat bergantung kepada kecepatan kita meningkatkan keterampilan. Yakni pengelola desa wisata untuk bisa masuk ke dalam ekonomi digital dan ekonomi berbasis kreatif serta bagaimana mengelola daya tarik wisata untuk disebarluaskan melalui platform digital. Jadi ini merupakan keniscayaan," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat menjadi narasumber dalam kegiatan "Bimtek & Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 untuk wilayah IV" yang digelar secara daring, Selasa (27/7/2021).


Influencer yang juga menjadi salah satu anggota dewan juri "ADWI 2021", Atta Halilintar, menambahkan, peran digital marketing khususnya sosial media saat ini memang begitu tinggi. Dimana penetrasi dan kecepatan internet di Indonesia yang terus berkembang.


Sebanyak 67 persen user yang melihat iklan offline melanjutkan pencarian di internet. Sekitar 57 persen orang yang menonton iklan di televisi juga melakukan pencarian di internet. Strategi pemasaran melalui digital juga memiliki jangkauan yang luas dan rentan waktu yang lama.


"Dengan strategi digital marketing, informasi mengenai produk ataupun jasa yang dipasarkan dapat diakses kapanpun," kata Atta.


Melalui bimbingan teknis dan workshop online yang kali ini diikuti lebih dari 300 pengelola desa wisata di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat ini, diharapkan para peserta dapat mendapat pemahaman yang lebih terkait hal tersebut.


Turut hadir secara daring dalam kesempatan tersebut Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf, Indra Ni Tua; para dewan juri ADWI 2021; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Agus Setiawan serta kepala dinas pariwisata provinsi di wilayah IV.


Share :