Talkshow dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak “Membangun Strategi Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal”

Talkshow dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak “Membangun Strategi Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal”
Dinas Pariwisata Provinsi Banten telah melaksanakan talkshow media sosial Youtube yang pada kesempatan kali ini berkunjung ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak.

Talkshow dengan tema “Membangun Strategi Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal” telah dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2021 bertempat di Kantor Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadi serta pengamat parawisata dan lingkungan hidup Kabupaten Lebak Komeng Abdu Rahman.


Pada kesempatan ini, Kepala Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadi menyebutkan Kabupaten Lebak sudah banyak berkembang terlebih Pemerintah Pusat telah menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Nasional (RPJMN) sebanyak 41 proyek besar yang direncanakan 2020-2024, Kabupaten Maja, Lebak, Banten masuk ke dalam RPJMN untuk dua proyek besar.  Dalam daftar proyek prioritas strategis, Maja masuk ke proyek Be Creative District.


“Terkait ekonomi kreatif, di Kabupaten lebak euforianya sudah mulai meningkat, dari 17 sub sektor ekonomi dan kreatif, 11 sub sektor sudah bermunculan di Kabupaten Lebak, kita juga memiliki prioritas pengembangan ekonomi dan kreatif, kita punya kria, kuliner, dan fashion.  Ada juga produk unggulan ekonomi dan kreatif yang sedang berkembang seperti film, sub ekonomi dan kreatif pertunjukan, design grafis dan sebagainya sudah mulai berkembang, apalagi Pemerintah Pusat telah menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Nasional (RPJMN) Maja sebagai Be Creative District. ”Ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadi.


Pengamat parawisata dan lingkungan hidup Kabupaten Lebak Komeng Abdu Rahman menegaskan pentingnya melihat kondisi dari hulu sampai dengan hilir, bagaimana pentingnya sumber ekonomi dalam pengembangan ekonomi dan kreatif.


“Sumber ekonomi kreatif harus dibangun, karena bahan baku untuk dijadikan karya oleh tangan-tangan kreatif kemudian akhirnya dikembangkan dengan ide, gagasan dan konsep sebagainya, sehingga barang yang dikemas menjadi bernilai, itu sebagai potensi untuk memajukan sektor ekonomi kreatif di Lebak.”Ungkapnya.

 

Pada penutup talkshow Kabupaten Lebak berharap ke depan cendramata-cendramata dengan muatan kearifan lokal lebih diperkenalkan kepada masyarakat di Provinsi Banten.
Share :