Evaluasi Progres Penginputan Data Inovasi Daerah di lingkungan OPD Pemerintah Provinsi Banten

Evaluasi Progres Penginputan Data Inovasi Daerah di lingkungan OPD Pemerintah Provinsi Banten
Dinas Pariwisata menghadiri undangan Sekretaris Daerah Provinsi Banten yang membahas Evaluasi Progres Penginputan Data Inovasi Daerah di lingkungan OPD Pemerintah Provinsi Banten secara daring pada hari Kamis, 05 Agustus 2021.

Rapat ini diselenggarakan dalam rangka tindak lanjut pada Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award  (IGA 2021) bagi seluruh Kementerian / lembaga serta Pemerintah Daerah di Republik Indonesia yang disusun dan dilakukan penginputan Inovasinya melalui alamat pada laman  https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id/dashboard/inovasi-daerah.

Dinas Pariwisata Provinsi Banten berhasil menyelesaikan hasil inovasi untuk Tahun 2021 yaitu ; Exciting Market (Portal Jual Beli Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan Sistem Informasi Manajemen Pariwisata Daerah (SIMPARDA).   Kedua Inovasi tersebut satu diantaranya adalah inovasi baru yaitu Exciting Market yang mana merupakan pengembangan dari portal Exciting Banten menjadi Platform Marketplace yang dikembangan secara bersama melalui salah satu unit usaha PT Banten Global Development  (BUMD) Provinsi Banten.

Sementara itu, Sistem Informasi Management Pariwisata Daerah (SIMPARDA) adalah pembaharuan sistem (update) menu terhadap pelayanan sistem informasi yang dapat diaktualisasikan oleh para operator di masing – masing wilayah Kabupaten/Kota (counterpart) guna meningkatkan pelayanan informasi pembangunan kepariwisataan.

Terakhir sebagai ulasan rapat dalam evaluasi  progres penginputan data inovasi daerah dilingkungan OPD Pemerintah Provinsi Banten Dinas Pariwisata Provinsi Banten tercatat sebagai 5 (lima) OPD di Pemerintah Provinsi Banten yang telah selesai menyusun dan menginput data dan informasi inovasi daerah yang disampaikan secara langsung oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Banten, Ahmad Rohili, ATD, M. Eng dalam forum rapat kerja Zoom Meeting tersebut.
Share :