Seren Taun Cisungsang 2021

Seren Taun Cisungsang 2021
Seren Taun merupakan sebuah ritual atau upacara adat turun temurun yang dilakukan masyarakat Cisungsang sebagai wujud rasa syukur  setelah panen padi. Upacara ini dilakukan setiap tahun secara rutin, dan diikuti seluruh warga desa. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semuanya ikut ambil bagian dalam upacara tersebut.

Seren Taun Adat Kasepuhan Cisungsang tahun 2021 digelar pada hari Minggu (05/09/2021) secara sederhana, bertempat di pendopo rumah adat kasepuhan Cisungsang. Kampung Cisungsang, Desa Cisungsang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Pada pelaksanaan acara Seren Tahun kali ini, setelah pandemi Covid-19, adat kasepuhan Cisungsang menggelar Seren Taun secara sederhana dan dibatasi hanya 25 persen pengunjung, dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, guna mengantisipasi penularan virus Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Kasepuhan adat Cisungsang A Usep Suyatma yang akrab di sapa Abah Usep, mengatakan, bahwa acara seren taun di tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana, hanya 25 persen saja.

“Karena mengingat di masa PPKM, acara ini dilaksanakan tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya. Kami juga sudah berkoordinasi dulu dengan pihak kecamatan, untuk meminta petunjuk dan arahan,” kata Abah Usep.

“Kami mengikuti aturan pemerintah, tentang Protokol kesehatan dengan ketat dimasa pandemi Covid-19 ini. Setelah itu baru kami mengadakan acara ini, atas petunjuk dari petugas tentang aturan protokol kesehatan (Prokes) yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Untuk itu kami melaksanakan acara seren tahun adat Kasepuhan Cisungsang di tahun 2021 ini, hanya sekitar dibawah 25 persen tidak seperti di tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara Seren Taun A. Usep Suyatma S.r selaku Ketua Adat kasepuhan Cisungsang, Asda 1 Provinsi Banten, Forum koordinasi pimpinan daerah, Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Kepala Desa Cisungsang, dan masyarakat adat Cisungsang.
Share :