Pengembangan Sanitasi dan Higienis Bagi Pelaku Ekonomi Kuliner Tahun 2021 “Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Kuliner Khas Banten di Era Milenial”

Pengembangan Sanitasi dan Higienis Bagi Pelaku Ekonomi Kuliner Tahun 2021 “Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Kuliner Khas Banten di Era Milenial”
Dinas Pariwisata Provinsi Banten telah sukses menyelenggarakan Pengembangan Sanitasi dan Higienis Bagi Pelaku Ekonomi Kuliner Tahun 2021 pada Jum’at, 8 Oktober 2021 bertempat di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Serang.  Kegiatan ini diikuti oleh 50 (lima puluh) peserta, yang terdiri dari para pelaku Ekonomi Kreatif sub sektor kuliner se-Provinsi Banten.

Provinsi Banten dikenal dengan wisata alam, religi dan gastronominya, ditambah ditunjang dengan aneka sarana prasarana yang memadai berupa pilihan akomodasi baik homestay, wisma, losmen, maupun hotel berbintang serta sentra belanja berupa oleh-oleh cinderamata/kriya, fesyen, dan kuliner beserta sentra-sentra usaha produk khas lokal yang diharapkan mampu meningkatkan daya tarik dan minat bagi para wisatawan baik Nusantara maupun Mancanegara untuk berkunjung.      

Sub sektor Kuliner merupakan salah satu produk unggulan penunjang amenitas kepariwisataan yang juga merupakan representasi dari pemulihan dan kebangkitan ekonomi masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif dari masing-masing Kabupaten/Kota. 

Pengembangan Sanitasi dan Higienis Bagi Pelaku Ekonomi Kuliner Tahun 2021 yang bertema “Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Kuliner Khas Banten di Era Milenial” bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam ekonomi kreatif sub sektor kuliner guna mendukung peningkatan kualitas mutu dan layanan kepariwisataan di Provinsi Banten serta meningkatkan kualitas dan kompetensi/skill para pelaku usaha Kuliner Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Drs. M. Agus Setiawan A.W pada sambutannya mengungkapkan pentingnya sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah, Dunia Usaha dan Masyarakat.

“Pembinaan yang berkesinambungan dan sinergis antara Pemerintah Pusat dan Daerah, Dunia Usaha dan Masyarakat harus ditingkatkan bagi para pelaku usaha Kuliner, karena mereka bagian dari sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan ekonomi kreatif di Banten.” Ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber Pada penyelenggaraan kegiatan ini adalah Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten Ir. H. Gembong R. Sumedi, MM., Akademisi Politeknik SAHID Jakarta Budi Setiawan, SE, MM, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Drs. M. Agus Setiawan A.W., M. Si, Owner Rumah Makan ‘Mang Engking” Dr. Komarudin, MAP, Kepala UPTD Sertifikasi Mutu dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten Momod Syafrudin, SP, M.Si dan sebagai moderator Rohaendi, S. Pd Kasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata – Dinas Pariwisata Provinsi Banten.
Share :