Sertifikasi Pemandu Keselamatan Wisata Tirta (Balawista) di Provinsi Banten 2021

Sertifikasi Pemandu Keselamatan Wisata Tirta (Balawista) di Provinsi Banten 2021

Dinas Pariwisata Provinsi Banten melaksanakan sertifikasi 100 orang tenaga pemandu keselamatan wisata tirta, kegiatan ini berlangsung selama dua hari 12-13 Oktober 2021, kegiatan yang sepenuhnya didukung Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata Provinsi Banten ini bekerjasama dengan Balawista Nasional sebagai induk organisasi para pemandu keselamatan wisata tirta diseluruh indonesia yang berperan sebagai tenaga ahli bidang keselamatan pariwisata, selain itu pelaksanaan sertifikasi kompetensi difasilitasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo dengan mengirimkan lima orang assesor dan satu lead assesor.

 

Dalam kegiatan yang dibuka langsung Kepala Dinas pariwisata provinsi banten Drs. M. Agus Setiawan A W, M.Si turut dihadiri Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten Ir.H. Gembong R Sumedi,MM , Direktorat Objek Vital Polda Banten dan Ketua Umum Balawista Nasional Ade Ervin .

Dalam sambutannya saat pembukaan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten menyampaikan bahwa sertifikasi kompetensi ini dimaksud sebagai langkah strategis, mengingat secara umum destinasi wisata di Banten tersebar di sepanjang pantai Provinsi Banten serta memiliki potensi wisata perairan alam dan buatan yang tersebar di seluruh wilayah sehingga jaminan keamanan dan keselamatan terhadap wisatawan tersebut menjadi hal yang utama, maka langkah untuk melakukan sertifikasi kepada para pemandu keselamatan wisata ini sangat penting.

 

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten mendukung penuh kegiatan ini, beliau menyampaikan bahwa kegiatan sertifikasi ini akan mendorong para wisatawan terutama dari mancanegara dengan merasa nyaman dan aman karena telah tersertifikasinya Balawista di Provinsi Banten.

 

Hal senada disampaikan Ketua Umum Balawista Ade Ervin, bahwa kegiatan sertifikasi ini sebagai wujud legalisasi para pemandu keselamatan pariwisata di Banten, karena mereka dihasilkan dari proses pelatihan dan pengalaman yang dilakukan pemerintah sejak tahun 2017 ini untuk pertama kalinya diseluruh wilayah indonesia sertifikasi Balawista mencapai jumlah peserta sebanyak 100 orang. Sebelumnya telah tersertifikasi anggota Balawista secara bertahap sejak tahun 2019 dengan total 150 orang yg difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata. Sampai saat ini jumlah keseluruhan anggota Balawista Banten sebanyak 340 orang. Diharapkan para peserta mampu menjunjung tinggi profesionalitas ketika nantinya dinyatakan kompeten oleh Badan Nasional sertifikasi kompetensi BNSP.
Share :