Pelatihan Ekonomi Kreatif Untuk Barista (Peracik Kopi)

Pelatihan Ekonomi Kreatif Untuk Barista (Peracik Kopi)
Dinas Pariwisata Provinsi Banten melaksanakan pelatihan Barista (Peracik Kopi) yang dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2021 di Taman Kopi Serang. Kegiatan ini sepenuhnya difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata  bekerjasama dengan Asosiasi Kopi Indonesia dpd Banten dan Taman Kopi Serang.

Dalam kegiatan yang dibuka langsung Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Drs. M. Agus Setiawan A W, M.Si turut dihadiri Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten Ir.H. Gembong R Sumedi,MM , Kepala Bidang Pengembangan SDM Ekraf Hj.Linda Rohyati Fatimah, S.Sos, M.Si, Ketua Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) DPD Banten Sri Linda dan Owner Taman Kopi Pugy Gautama.


Kepala Bidang Pengembangan SDM Ekraf menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan Kabupaten/Kota yang mengirimkan utusannya sejumlah total 50 orang peserta pemilik maupun pekerja cafe di Provinsi Banten. Peserta mendapatkan penjelasan secara teori dan praktek yang disampaikan oleh 2 narasumber yaitu dari Ketua ASKI Banten dan Owner Taman Kopi.


Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Dinas Pariwisata menyampaikan bahwa Barista merupakan salah satu ekonomi kreatif dan tugas dari Dinas Pariwisata adalah mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif dimana dalam pengembangan destinasinya terdapat aksesibilitas amenitas maupun atraksi melalui pengembangan SDMnya.


“Seperti sekarang ini pengembangan industri kreatifnya juga kita kembangkan dan yang terakhir adalah tentang pemasaran yang terkait dengan kopi kita juga sekarang banyak berkembang, banyak generasi milenial yang diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kreatif di Provinsi Banten.”Ungkapnya.


Ketua Komisi III DPRD Provinsi Banten mendukung penuh kegiatan ini serta  menyampaikan bahwa Provinsi Banten dalam mengembangkan ekonomi kreatif bicara eksekutif dalam hal ini Gubernur beserta seluruh OPD dibawahnya dan juga dewan sebagai lembaga eksekutif dan legislatif sehingga Lembaga ini bersinergi.


“Kami dari DPRD Provinsi Banten mendukung program-program pemerintah yang langsung berdampak kepada masyarakat. Bagaimana meningkatkan kembali ekonomi masyarakat dimasa pandemi ini karena sektor pariwisata dan turunannya kira-kira kalau kita bicara industri pariwisata bukan hanya pemilik tempat pariwisata saja tapi orang-orang yang terlibat di sekitarnya, karenanya kita berupaya Bagaimana membantu masyarakat untuk keluar dari himpitan ekonomi.” Jelasnya.


Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini, para pelaku Barista mampu memiliki sertifikasi sehingga akan menaikkan nilai barista dengan berkembangnya pelaku ekonomi barista maka produksi kopi meningkat dan akan berimbas kepada kesejahteraan para petani.
Share :