Pengembangan Kemitraan Pariwisata

Pengembangan Kemitraan Pariwisata

Kegiatan Pengembangan Kemitraan Pariwisata yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi melalui Bidang SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ialah sarana dalam mengangkat potensi wisata di daerah menjadi sumber perekonomian warganya. Kegiatan ini merupakan upaya mensinergikan antar pelaku wisata agar berkolaborasi harmonis sesuai kaidah pentaheliq pariwisata.


Kegiatan ini mensinergikan penggerak wisata di wilayah Ujung Kulon dan Tanjung Lesung dengan pemerintah, baik Kabupaten Pandeglang maupun Provinsi Banten, yang langsung dihadiri Wakil Gubernur H. Andika Hazrumi,S.Sos, M.AP.


Dari kegiatan ini terjaring aspirasi pengembangan pariwisata  dari para penggerak wisata baik pelaku secara individu, pokdarwis, Forum Homestay, Kepala Desa, Pengelola Bumdes dan Ujung Kulon Youth Geopark Forum (UKYGF) yang baru terbentuk.


Wakil Gubernur Banten dalam sambutannya menyampaikan akan menindaklanjuti berbagai masukan dan usulan, karena wisata bisa menjadi penyokong perekonomian masyarakat jika 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesbilitas) pariwisata disiapkan dengan baik.


Terkait Aksesbilitas, Wakil Gubernur sudah menyampaikan hal tersebut ke Presiden terkait usulan jika jalan Tol Serang-Panimbang selesai, agar dilanjutkan  dengan pembangunan jalan tol Panimbang-Bayah, untuk mendongkrak pariwisata di Banten Selatan. Disamping pembangunan infrastruktur yang akan disinergikan dengan program pembangunan Kabupaten Pandeglang.

 

Dipilihnya lokasi kegiatan di Home Stay Bunnar, adalah apresiasi terhadap pelaku home stay yang selama pandemi mengalami masa-masa sulit, namun ternyata masih semangat mengembangkan usaha kepariwisataannya.

Share :