Peningkatan Kompetensi Dan Sertifikasi Juru Masak Homestay

Peningkatan Kompetensi Dan Sertifikasi Juru Masak Homestay

Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui Bidang Pengembangan SDM Pariwisata & Ekonomi Kreatif melaksanakan kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Juru Masak Homestay pada tanggal 23 Mei 2022 di Asoka Resort Banten Tanjung Lesung.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Bapak H. Al Hamidi, S.Sos, M.Si dihadiri oleh Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI) Adi Setiawan, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten H. Ahmad Sari Alam serta Para Lead Assesor dan Assistant Assesor.


Food and beverages yang telah disebutkan secara profesional tidak lepas dari kemampuan Juru Masak atau Chef. Seiring berkembangnya pariwisata yang semula ada restoran dan hotel sampai pada saat ini sudah ada homestay yaitu merupakan penginapan yang memberikan kesempatan bagi wisatawan yang suka bepergian untuk tinggal bersama keluarga lokal atau dapat dikatakan bahwa wisatawan yang menginap ini tinggal bersama pemilik rumah. Berdiam di homestay juga memungkinkan wisatawan bertemu dengan komunitas dan budaya lokal dari tempat yang dikunjungi. Dengan berkomunikasi bersama tuan rumah, wisatawan juga dapat menemukan tempat baru, dengan orientasi lokal atau tempat makan yang hendak dicoba dengan ciri khasnya.

Dari hal tersebut maka homestay dapat menyajikan makanan khas seperti olahan seafood yang disajikan serta dimasak langsung oleh juru masak yang ada di masing-masing homestay. Tetapi dalam perkembangannya masih banyak permasalahan penting yang membutuhkan pembenahan terhadap juru masak atau chef yang terdapat di Kawasan wisata Provinsi Banten, salah satu permasalahan tersebut adalah masih rendahnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat (SDM) yaitu juru masak yang belum mengetahui tentang standar pelayanan terhadap wisatawan yang berkunjung dan menginap. Minimnya fasilitas-fasilitas yang ada, Kemudian juga kompetensi dan kualitas dari juru masak homestay itu belum memenuhi standar hingga dibutuhkannya sertifikasi guna meningkatkan kompetensi dan sertifikasi mengenai juru masak atau chef homestay yang ada di homestay yang terdapat di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak.

Diadakanya Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Juru Masak homestay di Provinsi Banten bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta kualitas SDM Pariwisata bagi juru masak homestay sebagai upaya menghadirkan juru masak bagi homestay yang kompeten serta penerapan sapta pesona dalam rangka menciptakan citra untuk meningkatkan kunjungan dalam lama tinggal (length of stay).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara LSP Hospitality Cakrawala Indonesia, Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan pelaku industri untuk memperkuat pariwisata di Banten. Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini bisa membantu meningkatkan pariwisata di Banten baik tingkat kunjungan, ekonomi dan yang penting kualitas SDM nya. Pada dasarnya uji kompetensi ini sangat diperlukan untuk bisa menjadi tolak ukur bagi para pelaku industri dan wisatawan yang ingin dalam ke Banten sebagai upaya meningkatan kompetensi dan memiliki sertifikasi sebagai Juru Masak atau Chef yang sudah ada di masing-masing homestay sudah tersertifikasi agar dapat meningkatkan kualitas untuk menyajikan dan menghidangkan makanan khas Banten.

Ke depan uji kompetensi ini akan berkembang untuk skema lainnya agar SDM pariwisata semakin baik dan memberikan kontribusi bagi perekonomian Banten. Pada kesempatan kali ini juru masak, kedepannya tidak menutup kemungkinan untuk jurusan atau bidang profesi lainnya yang akan di sertifikasi agar membangun kepercayaan pada wisatawan untuk tinggal lebih lama di destinasi wisata Banten karena pelayanan yuang ada di destinasi wisata telah teruji atau tersertifikasi.

(ris/sdm)
Share :