Advokasi Perijinan Usaha Pariwisata Tentang Sertifikasi Halal Tahun 2022

Advokasi Perijinan Usaha Pariwisata Tentang Sertifikasi Halal Tahun 2022

Kegiatan Advokasi Perijinan Usaha Pariwisata Tentang Sertifikasi Halal dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui Seksi Pengembangan Standarisasi Usaha Pariwisata di Aula Ruang Rapat Dinas Pariwisata Provinsi Banten. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal 29 Juni Tahun 2022. Hadir pada kegiatan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Bapak H. Al Hamidi, S.Sos, M.Si, Direktur Wisata Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Drs. Alexander Reyaan, MM selaku narasumber, Direktur LPPOM MUI Provinsi Banten Bapak DR. H. Rodani M.Si, perwakilan dari Kementerian Agama Kantor Wilayah Banten. Bapak H. Nasrul Latif.




Peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota serta pelaku UMKM yang ada di Provinsi Banten. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan adalah untuk memberikan bimbingan dan pengetahuan tentang bagamana dan tata cara mendaftarkan produk dan usaha untuk mendapatkan sertifikasi halal. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada setiap pelaku usaha terutama para pelaku UMKM dan juga bisa memberikan keyakinan kepada para konsumen atau pembeli yang berkunjung terhadap kehalalan produk-produk yang dijualbelikan untuk pariwisata banten unggul dan maju.


Pada kesempatan itu pula Direktur Wisata Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Drs. Alexander Reyaan, MM mengapresiasi Dinas penyelenggaraaan kegiatan ini karena sangatlah penting untuk para pelaku usaha pariwisata untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha tentang langkah-langkah dan tahapan-tahapan yang harus ditempuh untuk mendaftarkan sertifikat kehalalan produk-produknya.




Sementara itu kepala Seksi Pengembangan Standarisasi Usaha Pariwisata, Bapak Endang Saputra mengatakan, adanya kegiatan ini diharapkan para pelaku usaha bisa memanfaatkan sebaik mungkin apa yang dijelaskan dan diterangkan oleh para narasumber tentang mekanisme pendaftaran produk-produk yang akan mendapatkan sertifikasi halal, dengan begitu proses dan tahapan-tahapan selama mendaftarkan produknya tidak mengalami kendala yang menyebabkan produk yang diajukan tidak lolos sertifikasi halal. Pendaftaran sertifikasi halal ini dapat dilakukan melalui website ptsp.halal.go.id.


(fal/inkraf)


Share :