Talkshow Seba Baduy 2022 “Melihat, Mendengar & Belajar dari Baduy”

Talkshow Seba Baduy 2022  “Melihat, Mendengar & Belajar dari Baduy”

Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui Bidang Pemasaran Produk Pariwsata telah melaksanakan talkshow (acara bincang-bincang) pada tanggal 14 Mei 2022. Dalam rangka ajang promosi media digital kanal online yang ditayangkan pada kanal youtube Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Pada kesempatan talkshow ini mengangkat tema Seba Baduy 2022 “Melihat, Mendengar & Belajar dari Baduy”.  Seba Baduy merupakan salah satu tradisi yang paling terkenal di Provinsi Banten. Masyarakat Banten maupun luar Banten memiliki antusiasme yang tinggi ketika akan dilaksanakannya pelaksanaan tradisi Seba Baduy. Talkshow kali ini membahas dan berdiskusi dengan narasumber mengenai pelaksanaan Seba Baduy tahun 2022 dari persiapannya sampai pelaksanaan Seba Baduy Tahun 2022. Hadir sebagai narasumber yaitu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Bapak H. Al Hamidi, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Bapak Imam Rismahayadi dan Bapak Tono Sumarsono selaku pemerhati Baduy.

Seba baduy merupakan acara yang besar dan salah satu estetika pesona provinsi Banten. Pelaksanaan Seba Baduy 2022 merupakan event pertama setelah pandemi covid-19. Seba Baduy merupakan sebuah tradisi yang dilakukan dalam rangka menyampaikan rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah, dalam kurun waktu satu tahun. Baduy menjadi daya tarik karna keunikan adatnya yang menolak modernitas. Baduy mempertahankan suatu culture dan keunikan serta kearifan lokal sendiri.

Acara Seba Baduy dilaksanakan pada tanggal 5-7 Mei 2022 dengan mengadakan berbagai macam kegiatan seperti camping ground dengan 90% masyarakat luar Banten, melaksanakan pameran produk ekonomi kreatif dan UMKM dengan tematik mengangkat kearifan lokal, hiburan seni dan tradisi Banten khususnya Kabupaten Lebak, serta talkshow yang dilaksanakan di Museum Multatuli Lebak. 

Dinas Pariwisata Provinsi Banten memberikan dukungan terhadap seba baduy 2022 dengan kordinasi, kerjasama dan bersinergi bersama Disbudpar Lebak serta warga Baduy. Kepala Dinas Provinsi Banten, Bapak H. Al Hamidi menyebutkan bahwa acara tradisi Seba Baduy dapat diperlihatkan ke seluruh dunia karena adat baduy merupakan adat yang masih dilindungi oleh pemerintah dan bertahan sampai saat ini.

“Kami sudah mempersiapkan penerimaan warga Baduy dan akan diekspose melalui media zoom ke seluruh penjuru Dunia serta melakukan kordinasi dengan seluruh pejabat agar dapat mensukseskan acara Seba Baduy, melibatkan hotel untuk bekerja sama dalam rangka mengangkat kearifan lokal dari Seba Baduy. Sehingga dunia bisa melihat kepedulian pengusaha akan acara adat Seba Baduy ini dan membuat acara ini lebih bagus juga lebih tersosialisasi kepada seluruh masyarakat internasional”, Ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Bapak Al Hamidi.

Harapan pemerintah Provinsi Banten agar Seba Baduy mendunia dan kedepannya menjadi salah satu momen terbaik untuk memperkenalkan secara keseluruhan kepada dunia. Kadisbudpar Lebak, Bapak Imam Rismahayadi juga berharap Baduy menjadi salah satu ikon Banten dan harus dijaga akan kelestariannya.

"Kedepannya Baduy menjadi ikon nasional Banten khususnya Lebak. Karena masyarakat yang unik sehingga perlu dijaga lingkungan masyarakat baduy". Ungkapnya.

(deq/pemasaran)



Share :