Pembukaan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022

Pembukaan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia. Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada sub sektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film dan musik yang diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia. Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan bentuk apresiasi dan pengembangan usaha dari Kemenparekraf untuk para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia yang ada di 16 Kota di seluruh Indonesia. Program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan. Demi terbangunnya jejaring atau data base yang komprehensif, saya mengajak seluruh masyarakat ekonomi kreatif untuk mendaftar melalui website www.aki.kemenparekraf.go.id.


Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia di Cilegon dibuka oleh Direktur Aplikasi Herwanto Prabowo, beliau menyampaikan bahwa melalui pameran ini bertujuan untuk membangun jejaring dan kerjasama, produk dan karya terpublikasikan serta memperluas pangsa pasar.


Para UMKM yang telah mendaftar melalui tahan penilaian calon peserta AKI 2022 oleh kurator professional, selanjutnya akan diadakan temu sapa virtual peserta AKI 2022 terpilih dengan calon Mentor dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dilanjutkan dengan boothcamp yaitu kelas mentoring, yang selanjutnya untuk dilakukan pameran produk dan pertunjukan karya seni seperti yang sedang dilakukan saat ini akan dilakukan jg di 16 Kabupaten / Kota yang terpilih, setelahnya akan diadakan pameran nasional oleh peserta yang terpilih. Diadakannya pameran ini diharapkan sesame pelaku UMKM dapat berkolaborasi dan saling support. Dengan upaya para pelaku UMKM di Indonesia dapat naik kelas.



(ris/sdm)
Share :