Pengemasan Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Demand Pasar

Pengemasan Produk Ekonomi Kreatif  Berbasis Demand Pasar

Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui Bidang Pengembangan SDM Pariwisata & Ekonomi Kreatif melaksanakan kegiatan Pengemasan Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Demand Pasar yang dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Juli 2022 di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Bapak H.AL HAMIDI,S.Sos, M.Si dengan para Narasumber yaitu dari Ketua Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten Drs. H. Muhammad Faisal, SH, dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Abdurrachman, S. IP, M.Si, Koordinator Pusat Layanan Internasional Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Mira Maulani Utami, SE, MM.




Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga, dan kuantitas yang saling memengaruhi satu sama lain.


Beberapa faktor mempengaruhi permintaan individu. Harga adalah penentu utama – dan karena itu, ekonom menggunakannya untuk menjelaskan teori permintaan. Selain harga, faktor lain yang mempengaruhi adalah pendapatan, selera, preferensi, harga barang terkait (substitusi dan komplemen) dan ekspektasi harga di masa depan.


Upaya untuk menggerakkan sektor ekonomi kreatif memerlukan kebersamaan dan sinergi dari semua pihak pelaku ekonomi kreatif, Melalui kegiatan seperti ini yang melihatkan para pelaku industri dan ekonomi kreatif dapat menjadi wadah untuk curah pikiran, gagasan, pengalaman, hingga unjuk kerja dan kreativitas untuk kemajuan sektor ini.

 

Selain itu, industri kreatif juga membutuhkan sinergi dan kerjasama antara para inventor dengan para investor yang dapat mendorong karya-karya kreatif sehingga bisa mendapatkan nilai tambah yang lebih besar. Kegiatan ini sebagai kekuatan komitmen yang perlu terus kita bangun dalam pelaksanaan program pembangunan sumber daya manusia khususnya di Provinsi Banten, Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan daya saing pelaku ekonomi kreatif di Provinsi Banten.

(ris/sdm)
Share :