Penguatan Konten Perfilman Berbasis Muatan Lokal

Penguatan Konten Perfilman Berbasis Muatan Lokal

Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui Bidang Pengembangan SDM Pariwisata & Ekinomi Kreatif melaksanakan Kegiatan Penguatan Konten Perfilman Berbasis Muatan Lokal di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Banten Ibu Hj.Linda Rohyati Fatimah, S.Sos, M.Si dengan para narasumber Anggota Komisi 3 DPRD Provinsi Banten H.Dedi Sutardi, SE,MBA, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Bara Hudaya, SE, M.Si dan Rudi Gunawan Ketua Rolling Action.


Ekonomi Kreatif adalah pembangunan ekonomi berbasis indutrsi kreatif. Kreativitas akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah lebih tinggi dan pada saat bersamaan juga harus ramah lingkungan, menguatkan citra dan identitas budaya bangsa. Pengelolaan berkelanjutan potensi ekonomi kreatif yang berciri khas dan dikelola masyarakat lokal Banten perlu lebih digali serta lebih dipromosikan karena potensinya yang amat besar sehingga akan semakin meningkatkan citra pariwisata dan ekonomi kreatif serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Industri kreatif sektor perfilman dan video juga merupakan salah satu faktor pendukung utama bagi pengembangan industri kepariwisataan. Industri kreatif sektor perfilman dan video melalui produk-produk kreatifnya sangat diandalkan untuk selain menjadi media promosi juga mengangkat berbagai potensi kepariwisataan dan ekonomi kreatif banten. dengan semakin maraknya pertumbuhan industri kreatif sektor perfilman dan video melalui berbagai rumah-rumah produksi/production house akan semakin memicu para pelakunya terutama content creator untuk membuat dokumentasi melalui film dan video seperti dokumenter atau videografi yang lebih kreatif dan inovatif. Untuk itu, perlunya pembinaan yang berkesinambungan bagi para pemula/start-up serta regulasi yang jelas guna mendorong perkembangan insdutri kreatif sektor perfilman dan video di banten baik dari pemerintah pusat, daerah, stakeholder/masyarakat maupun sektor industri swasta melalui program CSR nya.


Perlunya sarana penunjang bagi para pengelola dan pelaku insdutri kreatif sektor perfilman dan video sehingga mampu menghasilkan produk-produk yang bermutu dan berdaya saing perlu dibangunnya wawasan dan kepedulian sosial terhadap pembangunan dan perkembangan industri kepariwisataan dan ekonomi kreatif Banten bagi para pemula atau ”startup” pelaku ekonomi kreatif harus menggali dan mempromosikan berbagai potensi ciri khas atau produk unggulan lokal peran serta masyarakat dalam pengelolaan berkelanjutan berbagai potensi ekonomi kreatif yang saat ini sedang trending harus memunculkan ciri khas masing-masing daerah, dalam hal ini Banten dan dikelola oleh berbagai elemen masyarakat banten yang perlu lebih digali serta lebih dipromosikan karena potensinya yang amat besar sehingga nanti muaranya akan semakin meningkatkan kewirausahaan yang akhirnya semakin meningkatkan citra kepariwisataan ekonomi kreatif sehingga nantinya jumlah kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara juga semakin meningkat, kuncinya adalah pembangunan sumber daya manusia (sdm) yang unggul, sehingga mampu menyumbangkan dan menghasilkan sesuatu yang mampu mempercepat  proses dan hasil pembangunan. Dukungan dari DPRD Provinsi Banten untuk berkegiatan dari bidang oerfilman agar dapat ditingkatkan sebagai bagian dari media promosi.

(ris/sdm)
Share :