Kemah Wisata

Kemah Wisata

Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita kini dan ke depan. Pembangunan sumberdaya manusia harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas. Ketika Indonesia memperingati 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2045, di antara anggota aktif Pramuka yang tersebar di berbagai pelosok tanah air akan menjadi pemimpin negeri ini. Untuk itu, kita berharap Pramuka bisa merapatkan barisan bekerjasama secara sinergis untuk mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian baik, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara.

Salah satu bentuk untuk memberikan solusi di atas adalah Satuan Karya Pramuka disingkat Saka yaitu wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan. Satuan Karya juga memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan serta peningkatan ketahanan nasional. Satuan Karya yang ada dapat menjadi kawah candradimuka Pramuka Penegak/ Pandega untuk dipersiapkan menjadi pemimpin Indonesia di masa yang datang.


Pembinaan kompetensi dan kecakapan hidup peserta didik di Satuan Karya diarahkan dalam bidang penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, etika dan sikap kerja, serta penguasaan keahlian dan keterampilan fungsional yang disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Era industry 4.0 dan society 5.0 merupakan tantangan dan peluang generasi Indonesia muda saat ini yang juga disebut dengan smart era. Saka hendaknya mampu memberikan solusi edukatif kepada generasi muda Indonesia agar mampu berperan secara optimal, kompetetif dan produktif di era ini.  Penguasaan kompetensi dan kecakapan hidup anggota Saka diarahkan agar memiliki jiwa kerelawanan, kewirausahaaan, kemandirian dan jiwa profesionalisme. Dengan penguasaan kompetensi dan kecakapan sebagaimana dimaksud di atas, diharapkan anggota Saka menjadi warga negara yang aktif, melakukan pengabdian masyarakat, menciptakan lapangan kerja, serta mampu bekerja secara profesional berdasar keahlian yang dimiliki.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Pramuka Penegak dan Pandega khususnya tentang bidang kepariwisataan di Provinsi Banten, maka Pimpinan Satuan Karya Pariwisata Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten akan menyelenggarakan Kemah Wisata Satuan Karya Pariwisata Daerah Banten Tahun 2022 pada tanggal 30 - 31 Agustus 2022 di Bumi perkemahan Cilonggrang Kabupaten lebak Provinsi Banten.


(ris/sdm)



Share :