Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Pemandu Wisata Outbond

Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Pemandu Wisata Outbond

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dnas Pariwisata Provinsi Banten bekerjasama dengan Penyedia Jasa Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramuwisata Indonesia (PRAMINDO) melaksanakan kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Pemandu Wisata Outbond yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 September 2022 di Lubana Sengkol Kota Tangerang Selatan.


Kegiatan ini diantaranya dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten H. Alhamidi, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan Ir.Entol Wiwi Marwijaya,M.Si, Ketua Umum DPP Asosiasi Experiental Learning (AELI) Nurfahmi, Manager Sertifikasi LSP Pramindo Mangun Winata, S.Sos.


Pentingnya sertifikasi profesi bagi para tenaga kerja adalah untuk mensertifikasi personil pemasok produk atau jasanya untuk memastikan dan memelihara kompetensi yang telah dicapai selama memasok jasa yang mendapatkan lisensi dari otoritas sertifikasi yang kompeten untuk mewajibkan sertifikasi kepada jejaring otoritasnya untuk memastikan dan memelihara kompetensi pelaksana dari kebijakan negara untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pelayanan jasa harus sesuai dengan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dalam hal ini rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara LSP Pramuwisata Indonesia (Pramindo), Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan Asosiasi Experiental Learning Indonesia (AELI) Banten. Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini bisa membantu meningkatkan pariwisata di Banten baik tingkat kunjungan, ekonomi dan yang peling penting kualitas SDM nya. Pada dasarnya uji kompetensi ini sangat diperlukan untuk bisa menjadi tolak ukur bagi para pelaku industri dan wisatawan yang ingin berkunjung ke Banten.

Kedepannya peningkatan kompetensi dan sertifikasi pemandu wisata outbond ini akan diusulkan untuk penambahan kuota, karena banyaknya kebutuhan dan permintaan untuk mensertifikasi pemandu wisata outbond. Demi memberikan kepercayaan pada wisatawan, para pemandu wisata outbond harus tersertifikasi dengan kemampuan yang sesuai standar karena rentannya kepemanduan wisata outbond ini yang terlihat sangat menyenangkan namun beresiko tinggi terhadap keselamatan para wisatawan.