Talkshow “World Tourism Day : Rethinking Tourism”

Talkshow “World Tourism Day : Rethinking Tourism”
Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui Bidang Pemasaran Produk Pariwisata telah melaksanakan talkshow (acara bincang-bincang) dalam rangka ajang promosi media digital kanal online yang ditayangkan pada kanal youtube Dinas Pariwisata Provinsi Banten (Visit Banten). Talkshow dengan tema “World Tourism Day: Rethinking Tourism” telah dilaksanakan pada tanggal 27 September 2022 bertempat di Studio Exciting Banten, Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Pada kesempatan talkshow tersebut bertepatan dengan hari wisata dunia atau World Tourism Day 2022. World tourism Day 2022 merupakan suatu peringatan yang diperingati pada 27 September dan merupakan hajatnya para penggiat pariwisata dunia. Narasumber yang hadir pada talkshow ini yaitu Kepala Bidang destinasi pariwisata, Ibu Tunul Lastiatin S.Pd., M.M dan seorang akademisi pariwisata Bapak Hotibul Umam M.Pd., M.Par serta acara tersebut dipandu oleh Ibu Dira Elfandari.

Cikal bakal adanya hari pariwisata dunia tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pentingnya peran sektor pariwisata di dunia internasional. Momen hari pariwisata dunia ini untuk menunjukkan kebangkitan pariwisata pasca pandemi serta untuk memajukan pariwisata Banten. Pertumbuhan inklusif pariwisata bertujuan untuk penataan ulang terhadap pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Selama 2 (Dua) tahun berturut-turut sektor pariwisata sangat terdampak dan khususnya di Banten dengan beberapa kejadian diantaranya gempa, tsunami dan pandemi Covid-19. Pada kesempatan talkshow tersebut, Ibu Tunul Lastiani, S.Pd., MM mengungkapkan strategi yang dilakukan pada Dinas Pariwisata terkait pengembangan kepariwisataan secara umum yaitu mendorong kebangkitan pariwisata dan kebangkitan ekonomi untuk menggerakkan peningkatan ekonomi masyarakat dengan berbagai program kegiatan.

“Sinergi program dengan kementerian pariwisata provinsi serta kabupaten/kota juga terjalin dengan koordinasi yaitu program dari sisi penataan destinasi baik bersifat fisik maupun nonfisik” Ungkapnya.

Bapak Hotibul Umam M.Pd., M.Par menambahkan bahwa semua elemen masyarakat harus turut serta dalam membangkitkan kembali pariwisata Banten pasca pandemi.

“Hal tersebut juga perlu adanya dukungan dari masyarakat dan media serta komunitas yang harus bersama-sama bergandeng tangan untuk membangkitkan kembali pariwisata Banten” Ungkapnya.

Video talkshow tersebut dapat dilihat pada kanal youtube VisitBanten.

(deq/pemasaran)
Share :