Bimtek Pembuatan Katalog Digital Ekonomi Kreatif Tahun 2022

Bimtek Pembuatan Katalog Digital Ekonomi Kreatif Tahun 2022

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Bimtek Pembuatan Katalog Digital Ekonomi Kreatif Tahun 2022 pada tanggal 27 Oktober 2022 di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Banten.


Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten H. Alhamidi, S.Sos, M.Si dan dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, Kepala Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hj. Linda Rohyati Fatimah, serta narasumber Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi, Statistik dan Persandian Provinsi Banten Ai Suzana Dewi, SE, M.Si dan Founder Explore Banten Rendi Dwi Putra.


Digital adalah bentuk modernisasi atau pembaharuan dari penggunaan teknologi informasi dimana sering dikaitkan dengan kemunculan internet, komputer, handphone, dan sejenisnya dimana segala hal dapat dikerjakan melalui suatu peralatan canggih tersebut untuk memudahkan urusan masyarakat.

Era Digital adalah suatu periode dimana pergeseran proses terjadi dari ekonomi berbasis industri ke ekonomi berbasis informasi menggunakan komputer atau perangkat teknologi lainnya sebagai media atau komunikasi, informasi menjadi tersedia secara luas dan mudah diakses secara elektronik oleh siapa saja.

Ekonomi kreatif di era digital dapat dilakukan dengan cara katalog digital, di Pemerintah Provinsi terdapat kantor Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang berada di Lantai 4 Gedung SKPD Terpadu di KP3B. Para pelaku ekonomi kreatif dapat langsung mendatangi kantor LPSE jika ingin melakukan pendaftaran katalog digital agar produk yang dipasarkan dapat masuk ke LPSE baik katalog lokal maupun bela pengadaan, registrasi hanya memerlukan waktu satu hari. Registrasi hanya dapat dilakukan secara langsung.

Selain itu, ada juga Plazabanten.com sehingga para pelaku ekonomi kreatif juga dapat mengunjungi situ tersebut jika ingin menjual produknya, tentunya melalui tahapan awal yaitu pendaftaran yang dapat dilakukan secara online.

Seperti diketahui realitanya bahwa implementasi ekonomi kreatif di era digital sudah tersedia di berbagai market place, namun untuk platform penyedia barang/jasa di tentukan sesuai selera masing-masing para pelaku ekonomi kreatif, karena mereka yang akan menjual produknya sehingga melalui platform apa dan seperti apa sebagai media untuk memasarkan produknya.

Akan tetapi jika di Provinsi Banten, keberadaan LPSE sudah berjalan sesuai regulasi terkait pengadaan barang/jasa.

(ris/sdm)
Share :