Kegiatan Pelatihan Kebersihan, Keselamatan, Kesehatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) di Lingkungan ASN se Provinsi Banten

Kegiatan Pelatihan Kebersihan, Keselamatan, Kesehatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) di Lingkungan ASN se Provinsi Banten

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui dana Dekonsentrasi yang disalurkan melalui APBN Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Kebersihan, Keselamatan, Kesehatan dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) di Lingkungan ASN se Provinsi Banten pada tanggal 31 Oktober – 2 November 2022.


Kegiatan ini diantaranya dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten H. Alhamidi, S.Sos, M.Si, Kepala Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hj. Linda Rohyati Fatimah, S.Sos, M.Si beserta jajarannya serta para narasumber Mukhlis Koordinator Standardisasi Usaha / Ketua Komtek 03-09 Manajemen Pariwisata (BSN/KAN) dan Johny Yulfan dari PT CHESNA Certification.

Tahun 2020/2021 Kemenparekraf/Baparekraf telah melakukan sertifikasi CHSE kepada 11.986 usaha pariwisata, dengan rincian di tahun 2020 sebanyak 5.865 usaha dan tahun 2021 sebanyak 6.121 usaha tersertifikasi CHSE dengan dasar Permen Parekraf No. 13/2020.


Standar untuk Sertifikasi CHSE telah ditingkatkan menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI 9042:2021), yang dilaunching oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Kemenparekraf/Baparekraf pada tanggal 4 Desember 2021, untuk selanjutnya dapat digunakan oleh pelaku usaha pariwisata dengan sifat sukarela.

Pada tahun 2022 Kemenparekraf/Baparekraf akan memfasilitasi sertifikasi SNI CHSE dengan prioritas kepada Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Selain itu diberikan juga pilihan kepada UMK untuk dapat melakukan deklarasi mandiri dengan mendapatkan lebel I Do Care.


Berdasarkan hasil uji petik kepatuhan usaha pariwisata dalam melaksanakan Standar CHSE tahun 2021 sebanyak 89,26 % masih patuh melaksanakan standar CHSE.

Sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

(ris/sdm)
Share :