Pelatihan Usaha Gerakan Kreatif Bagi ASN Provinsi Banten Tahun 2022

Pelatihan Usaha Gerakan Kreatif Bagi ASN Provinsi Banten Tahun 2022

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui dana Dekonsentrasi yang disalurkan melalui APBN Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Usaha Gerakan Kreatif Bagi ASN Provinsi Banten Tahun 2022 pada tanggal 24-26 Oktober 2022 di Royale Krakatau Hotel Cilegon.


Kegiatan ini diantaranya dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten H. Alhamidi, S.Sos, M.Si, Kepala Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hj. Linda Rohyati Fatimah, S.Sos, M.Si beserta jajarannya serta para narasumber R. Moh Reza Purbaya, S.Sos, M.Hum dengan materi Dasar Ekonomi Kreatif, Damar Rizal Marzuki, M.Sn dengan materi Produksi Seni Pertunjukan dan Fachrizal Mochsen, M.Sn dengan materi Manajemen Panggung Seni Pertunjukan).


Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif, Ekonomi Kreatif adalah perwujudan NILAI TAMBAH dari KEKAYAAN INTELEKTUAL yang bersumber dari KREATIVITAS manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi. Mengembangkan SDM Ekonomi Kreatif membutuhkan strategi diantaranya Meningkatkan komitmen dan dukungan pelaksanaan kegiatan Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif, sehingga sasaran strategis dapat dicapai. Sistem penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, berbasis kinerja dan bertujuan melayani serta memberdayakan masyarakat, Mencari terobosan baru agar pelaksanaan program kerja dan anggaran menjadi lebih efektif berupa perubahan mekanisme penyusunan program kerja/ anggaran dari pola “top down” menjadi “bottom up” sehingga mencerminkan kebutuhan organisasi dan Meningkatkan fasilitasi pengembangan jejaring dimaksudkan untuk saling berbagi mengenai ide yang terkait dengan proses kreasi, produksi, distribusi (komersialisasi) dengan berdasarkan pada potensi kearifan lokal.


(ris/sdm)


Share :