Pembukaan Festival Cilograng

Pembukaan Festival Cilograng

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata Provinsi Banten memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan Festival Cilograng tahun 2022 yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka Gunung Batu Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak.


Camat Cilograng Hendi Suhendi selaku penyelenggara acara menyampaikan bahwa akan dilakukan lomba jalan sehat dan senam di acara Festival Cilograng Kancolah, kegiatan Festival Cilograng ini dilakukan pertama kali di tahun 2022, yang merupakan rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Lebak yang ke 194 dan Hari Jadi Provinsi Banten ke 22.


Dalam festival tersebut ditampilkan berbagai pentas seni budaya hingga pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan tujuan untuk melestarikan budaya, mengenalkan wisata dan mendongkrak kemajuan UMKM. Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya mengungkapkan, kegiatan festival Cilograng ini memang merupakan rangkaian HUT Lebak yang ke-194. Tapi melalui kegiatan ini juga, sebagai upaya dalam melestarikan budaya lokal dan mendongkrak ekonomi para pelaku UMKM di Lebak.  Sebab dalam festival ini lanjut Bupati, tidak hanya mempertunjukan seni budaya saja. Akan tetapi digelar pula pameran UMKM sebagai sarana promosi produk-produk para pelaku UMKM. Sesuai dengan tema yang diangkat "UMKM Kuat Ekonomi Meningkat" maka diharapkan melalui gelaran festival ini produk-produk unggulan UMKM di Lebak yang belum banyak dikenal bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu kata Bupati, Festival Cilograng dengan mengangkat "Pesona Cilograng Untuk Indonesia" menjadi tahap awal dalam memperkenalkan destinasi wisata, seni budaya dan produk unggulan di Kecamatan Cilograng, dengan melibatkan semua unsur kelompok masyarakat dan stakeholder pariwisata. dengan terlaksananya Festival Cilograng ini besar harapan destinasi di Kecamatan Cilograng khususnya kawasan Geopark Bayah Dome, akan lebih bangkit dan menjadi primadona bagi tujuan wisatawan yang datang ke Kabupaten Lebak sehingga dapat memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, H. Al Hamidi, S.Sos, M.Si mengapresiasi kegiatan Festival Cilograng ini bahwa Pemprov Banten akan siap mensupport kegiatan-kegiatan di Kabupaten Lebak. Selain itu pada kesempatan ini Dinas Pariwisata memberikan bantuan kalat keselamatan wisata berupa Life Vest dan Ring Bouy kepada Ketua Pokdarwis Cilograng.

(ris/sdm)

Share :