Ide dan Konsep Event pada Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Event Tahun 2022

Ide dan Konsep Event pada Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Event Tahun 2022

Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Event Tahun 2022 telah dilaksanakan di Mambruk Hotel & Convention Anyer pada tanggal 6 s/d 9 November 2022.  Pada materi pertama yang dibahas adalah Ide dan Konsep penyelenggaraan event oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events).


Tujuan utama dari pembekalan materi tersebut, peserta diharapkan dapat menjelaskan kembali tahapan dan proses pembuatan ide dan konsep sebuah event membuat 1 ide dan konsep event baru di daerah asal peserta atau mendesain ulang ide dan konsep event existing yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan teknik analisa VPC dan SWOT.


Dijelaskan pada bimbingan teknis, ide merupakan gagasan awal yang mendasari kita untuk merencanakan dan menyelenggarakan sebuah event.  Beberapa hal yang bisa dijadikan referensi dalam mencari ide awal sebuah event, diantaranya adalah : Trend, event sejenis, potensi daerah, isu politik, stakeholders terkait dan lain sebagainya.


Sementara itu terdapat ide event, ketika kita menentukan ide awal mana yang akan dipilih, maka kita perlu juga untuk mempertimbangkan keunikan dari event tersebut (Event Uniqueness) Bisa menggunakan Value Proposition Canvas & SWOT Analysis.


Pada konsep event, setiap organizer harus memiliki konsep event yang kuat sehingga dapat menjadi dasar/panduan dalam merencanakan dan menyelenggarakan sebuah event. Apa tujuan penyelenggaraan event tersebut? Apa program yang akan ditampilkan dalam event tersebut? Apa dampak yang diharapkan dari penyelenggaraan event tersebut? Dan lain sebagainya.


Konsep event harus berlandaskan pada 5W 1H Siapa saja yang terlibat dalam event tersebut? Siapa target pengunjung event tersebut? Dimana rencana event tersebut akan diselenggarakan? Kapan rencana event tersebut akan diselenggarakan? Kenapa event tersebut sampai harus diselenggarakan? Bagaimana cara membuat event tersebut sukses?

 

Dengan dihadirkannya materi pembukaan diharapkan peserta memahami konsep awal penyelenggaraan event sehingga menjadikan suatu event yang mampu menarik, menambah daya tarik wisatawan untuk datang mengunjungi event tersebut.

(deq/pemasaran)
Share :