Pemberdayaan Masyarakat Destinasi Pariwisata

Pemberdayaan Masyarakat Destinasi Pariwisata

Dinas Pariwisata Provinsi Banten melalui Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat Destinasi Pariwisata yang diselenggarakan pada tanggal 10 November 2022, di Wisata Religi Kampung Binong Kec. Binong Kab. Tangerang, Banten. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke dua puluh tiga (23) yang sebelumnya sudah dilaksanakan dilokasi yang berbeda. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Bapak H. AL HAMIDI, S.Sos, M.Si dan dipandu oleh moderator Kepala Bidang Pengembangan Destinasi yaitu Hj. Tunul Lasniatin S.pd, MM dengan Narasumber yaitu Bapak Muhammad Faisal dari komisi III DPRD Provinsi Banten dan Bapak Didi Supriadi sebagai Ketua FK Pokdarwis. untuk Peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari Perangkat Pemerintah Desa, Anggota POKDARWIS, pelaku UMKM dan Tokoh masyarakat  dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 40 orang.

Pada kesempatan ini, tema yang diangkat adalah “Banten Sehat, Pariwisata Menggeliat, Ekonomi Kuat”. dan materi yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten terkait kebijakan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi antara lain Pembangunan berbagai objek Destinasi wisata di 8 Kab/Kota, Pengembangan Kapasitas SDM Pariwisata, Pemberdayaan Masyarakat Destinasi Pariwisata, Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Pariwisata. Pokdarwis yang baru terbentuk diharapkan melakukan program kerja jangka pendek terutama Koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kab/Kota sebagai yang mempunyai kewenangan wilayah. Selain itu dokumen pembentukan Pokdarwis (SK Pokdarwis) dapat diteruskan ke Dinas Pariwisata Kab/Kota dan Provinsi Banten sebagai dasar untuk mengundang dalam kegiatan peningkatan ekonomi kreatif dan pengembangan SDM Pariwisata. Dinas Pariwisata Provinsi Banten akan selalu memperhatikan lokasi wisata ini berdasarkan proposal / usulan yang sudah dibuat oleh Pokdarwis baik yang berhubungan dengan penataan destinasi, pengembangan ekonomi kreatif dan peningkatan SDM Pariwisata.


Diharapkan dari kegiatan ini masyarakat bersama-sama mewujudkan potensi ekonomi lokal karena sejalan dengan semangat dari pemerintah pusat melalui tagline Sapta Pesona yaitu kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah di negara kita dan untuk mewujudkan masyarakat Provinsi Banten menjadi lebih sehat, pariwisata menggeliat, dan ekonomi masyarakat semakin kuat. Untuk menjaga kesinambungan Wisata ini karena dampak Pandemi, dibutuhkan kreatifitasi anggota Pokdarwis yang sudah terbentuk untuk bergerak dalam mempromosikan dalam menarik wisatawan-wisatawan.

(riz/destinasi)
Share :