Eksplorasi Mercusuar Anyer Melalui Fam Trip Banten

Eksplorasi Mercusuar Anyer Melalui Fam Trip Banten

Memiliki eksotime yang menakjubkan, kawasan Pantai Anyer menjadi salah satu primadona wisata bahari di Banten. Pasalnya, sebagai daerah pesisir pantai, Anyer tidak hanya memiliki wisata alam pantai yang indah melainkan pesona wisata sejarah seperti mercusuar menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Pada kesempatan Workshop Strategi Pemasaran Paket Wisata Banten 7 Wonders yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI tersebut melibatkan para pelaku pariwisata dari berbagai bidang yang menjadi peserta pelatihan diajak untuk mengeksplorasi salah satu bangunan sejarah sekaligus wisata pantai Mercusuar Anyer.

Anyer sendiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Menara suar tersebut diyakini sebagai titik nol atau titik awal dari pembangunan jalan Anyer-Panarukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Daendels. Peserta pun sangat antusias mengenal lebih jauh dari sejarah Mercusuar Anyer yang dibangun pada tahun 1885. 

Menurut penuturan salah satu pemandu wisata dari HPI Banten Sumanta Wiria, pada awalnya mercusuar Anyer dibangun pada tahun 1806 dan menjadi proyek jalan Anyer-Panarukan yang dijalankan tahun 1825.

Selain itu sejarah dari bangunan tersebut menjadi saksi saat gunung krakatau meletus pada tahun 1883 sehingga membuat mercusuar hancur dan hanya menyisakan pondasinya saja. Namun pada tahun 1885, di bawah pemerintahan Z.M Willem III mercusuar ini kembali dibangun.

Tempat bersejarah yang kini menjadi objek wisata pantai mercusuar anyer ini banyak dikunjungi wisatawan untuk mengabadikan moment sunset dari atas Mercusuar Anyer. Berbagai macam alasan wisatawan datang membuat tempat wisata mercusuar anyer ini memiliki keunikan tersendiri.

Share :

Order form

 Your Order has been sent successfully. We will contact you as soon as possible.
Error: Please try again